4 Rahasia Tetap Sehat dan Bugar, Meski Sudah Usia 60an

Peranan badan juga akan alami penurunan bersamaan menambahnya umur. Sistem penuaan itu diawali dari timbulnya keriput lalu dengan perlahan-lahan system kebal badan mulai melemah hingga lebih gampang terserang penyakit. Anda tidaklah perlu cemas karna penuaan memanglah tidak dapat dihentikan tapi dapat diperlambat. Walau telah masuk umur 60-an, Anda tetaplah dapat hidup dengan sehat serta bugar. Yuk, ikuti panduan melindungi kesehatan lanjut usia di bawah ini.
Langkah melindungi kesehatan lanjut usia 60 tahunan
1. Tetaplah aktif

Memijak umur 60 th., kesibukan yang Anda kerjakan mustahil sama dengan yang dahulu. Mungkin saja Anda sekarang ini semakin banyak menggunakan saat dirumah daripada beraktivitas diluar ruang.

Walau telah masuk umur 60 tahunan, bukanlah bermakna Anda dapat berhenti bergerak aktif. Janganlah menjadikan hal semacam ini untuk hentikan jadwal berolahraga teratur Anda. Sesaat untuk Anda yang baru ingin mulai hidup sehat, tidak ada kata terlambat untuk olahraga secara teratur.

Berolahraga telah jadi keperluan untuk semuanya kelompok, termasuk juga lanjut usia. Tetapi, type serta intensitas berolahraga yang dikerjakan pasti mesti sesuai dengan keadaan badan. Sebagian faedah berolahraga untuk kesehatan lanjut usia yakni :

Tingkatkan kebal badan
Tingkatkan produksi hormon endorfin, yang dapat kurangi stres
Memjaga berat tubuh tetaplah normal
Tingkatkan kemampuan tulang

Bahkan juga berolahraga juga baik untuk kesehatan otak lanjut usia. Makin tua, peranan otak alami penurunan hingga lanjut usia jadi lebih gampang lupa. Penyakit yang menyerang system saraf pusat juga banyak berkembang, seperti penyakit alzheimer, demensia vaskular, atau penyakit Parkinson.

Melindungi badan tetaplah aktif bisa perlambat sistem penuaan pada beberapa sel serta jaringan di otak sekalian turunkan resiko penyakit pada otak. Terkecuali, berolahraga lanjut usia tetaplah dapat aktif dengan aktivitas beda, umpamanya berkebun, bermain dengan cucu, atau buat kerajinan tangan.

2. Konsumsi makanan sehat

Agar kesehatan lanjut usia selalu terbangun, jadi kunci paling utama yang lain yaitu konsumsi makanan yang sehat. Sayangnya, langkah tersebut mungkin saja juga akan terhalang problem beda, yakni waktu menua kekuatan mengecap rasa juga semakin menyusut. Terlebih banyak makanan yg tidak diijinkan untuk dikonsumsi serta pemakaian garam juga dikurangi hingga selera makan pada lanjut usia dapat alami penurunan.

Lanjut usia dapat isi waktu luangnya untuk buat menu makanan sehat sekalian memasaknya sendiri. Memberikan rempah-rempah bisa tingkatkan rasa pada makanan.

3. Istirahat yang cukup

Banyak lanjut usia yang alami masalah tidur pada malam hari. Hal semacam ini pasti juga akan buat saat istirahatnya menyusut. Ditulis dari AARP, satu organisasi yang konsentrasi pada kesehatan lanjut usia, Ryan P. Terlecki, MD, asisten profesor urologi di Fakultas Kedokteran di Kampus Wake Forest di New York menyebutkan kalau lebih dari 80 % lanjut usia seringkali terbangun pada malam hari untuk ke kamar mandi yang pada akhirnya mengganggu saat tidurnya.

Karenanya, Terlecki merekomendasikan pada lanjut usia untuk kurangi minum banyak air pada malam hari serta lakukan pertimbangan konsultasi kembali pada dokter berkaitan pemakaian obat diuretik untuk diminum pada pagi hari bukanlah saat malam hari. Lanjut usia yang rasakan tekanan untuk buang air kecil terus-terusan selama saat, umumnya dikarenakan oleh otot-otot kandung kemih yang sangat aktif.

4. Teratur mengecek kesehatan serta minum obat

Lanjut usia begitu rawan terserang penyakit karna system imunnya yang semakin melemah. Jadi itu, lanjut usia mesti teratur mengecek kesehatan dengan berkala, agar selalu terpantau keadaannya. Apabila keluar beberapa gejala, janganlah tunda untuk lakukan kontrol. Sebab makin lama didiagnosis serta diobati, makin jelek keadaan badan serta susah penyembuhannya.

Sepanjang lakukan penyembuhan, tulis perubahan kesehatan lanjut usia dari penyembuhan yang dikerjakan serta teratur untuk minum obat yang telah diresepkan. Apabila mengakibatkan resikonya, tanyakan pada dokter untuk memperoleh obat beda.