5 Cara Ampuh Berkendara Aman Saat Menjalani Puasa

Berkendara pada waktu menjalani ibadah puasa memang menjadi pekerjaan yang cukup meletihkan. Ya, selama lebih dari 13 jam tanpa konsumsi makanan dan minuman saat puasa tidak bisa dipungkiri memang akan berakibat pada taraf konsentrasi ketika beraktivitas.

Berkurangnya daya konsentrasi ketika puasa umumnya diakibatkan oleh berkurangnya konsumsi cairan dalam tubuh. Yup, buat memelihara fokus berkendara Anda selama puasa ikuti beberapa langkah jitu berikut ini.

  1. Sadar batas kekuatan tubuh

Jangan mempertaruhkan keselamatan Anda. Kunci supaya selamat ketika berkendara ialah dengan menyadari batas kekuatan tubuh.

Mengemudi dalam kondisi berpuasa, pastikan jarak tempuh tujuan cocok dengan kekuatan tubuh Anda. Alasannya, ketika mengemudi tidak hanya memerlukan tubuh yang bugar namun pula keadaan hati yang baik.

Bila jarak tempuh terlalu jauh, pengendara dianjurkan buat istirahat sesering seringnya, baik di dalam kendaraan ataupun di tempat yang aman.

Berolahraga ringan, seperti berjalan ataupun meregangkan otot pun bisa menjadi salah satu jalan keluar supaya tubuh tetap bugar dan konsentrasi terpelihara.

  1. Sedikit berolahraga kecil

Ya, berolahraga kecil. Usai makan sahur dan menjalankan salah Subuh, jangan membiarkan tubuh Anda kembali ke tempat tidur. Anda bisa menjalankan kegiatan fisik ringan seperti pemanasan dan sedikit jalan-jalan buat memperlancar aliran darah serta menambah intake oksigen ke otot.

Kegiatan seperti ini membuat tubuh Anda lebih prima sepanjang hari. Juga ketika istirahat siang, Anda bisa bergerak sebelum rasa kantuk tiba mendatangi, sehingga ketika Anda berkendara waktu pagi ataupun malam hari, bebas dari rasa lemas.

  1. Atur pola makan sahur

Makanan yang Anda makan ketika sahur merupakan bekal nutrisi selama sepanjang hari. Oleh sebab itu, pastikan sahur Anda diisi dengan makanan dengan nutrisi seimbang.

Pilih sumber karbohidrat baik, seperti gandum ataupun beras merah supaya rasa kenyang bertahan lebih lama. Sesudah itu, cukupkan konsumsi cairan ketika sahur.

Sedapat mungkin, jauhi mengkonsumsi makanan dan minuman manis yang bisa membuat Anda merasa haus pada pagi hari.

  1. Tidur siang, paling tidak 30 menit

Tubuh merasa lemas dan mengantuk pada siang hari ketika puasa, itu tentu. Nyaris sebagian besar umat Muslim yang berpuasa akan merasakan hal demikian.

Guna membuat tubuh lebih fresh, usai menunaikan ibadah, Anda dapat memanfaatkan waktu istirahat siang buat tidur siang singkat sekitar 30 menit.

Langkah ini amat jitu buat memulihkan kesegaran tubuh dan membuat Anda kembali bertenaga guna menjalankan sisa rutinitas setiap hari.

  1. Selamanya cek keadaan mobil

Tidak hanya aspek energi tubuh, pantas pula Anda mengecek keadaan kendaraan dengan cara berkala. Ketika berkendara selama Anda berpuasa, pastikan mobil selamanya dalam keadaan terbaik.

Pemeriksaan berkala dianjurkan buat dimasukkan dalam agenda teratur para pemilik mobil. Pemeriksaan penting dilakukan pada bagian mesin, seperti keadaan oli mesin, transmisi, sampai keadaan ban.