5 Kategori Teknik Pencahayaan

Teknik Pencahayaan – Mengerti kah kamu? bahwa lampu merupakan bagaikan sumber sinar artificial mampu diatur arah cahayanya dengan tata letak tertentu. inilah kelebihan lampu dibandingkan matahari. sinar matahari tidak mampu kita pindahkan ataupun diatur kekokohannya. tidak hanya itu, keseriusan dan juga sudut sinar matahari senantiasa berubah-ubah tiap dikala.

sebaliknya arah pencahayaan secara garis besar mampu dipecah jadi 5 jenis ialah downlight, uplight, backlight, sidelight, dan juga frontlight. dapat dipaparkan penafsiran dari itu seluruh? ? tentu, tetapi nanti ya. acapkali pada sesuatu keadaan rubrik, sinar yang timbul tidak cuma berasal dari satu sumber aja, melainkan dapat menggambarkan campuran di antara kelima arah penyinaran tersebut.

factor lain yang cukup berarti dalam memusatkan sinar merupakan konsumsi rumah lampu. terdapatnya rumah rumah lampu/armature menolong memusatkan dan juga merefleksikan sinar setimpal kemauan kita. oke, saat ini kita bahas apa itu downlight, uplight, backlight, sidelight, dan juga frontlight dari laman jasa pembuatan kitchen set jakarta selatan.

pencahayaan ke dasar (downlight)

apa itu downlight? ? tipe pencahayaan ini banyak aplikasinya. arah pencahayaan tiba dari atas dan juga menyinari objek di bawahnya. kira-kira tiap rubrik di rumah membutuhkan pencahayaan downlight yang berperan bagaikan pencahayaan secara menyeluruh. sinar berasal dari lampu yang ditanam pada langit-langit dengan rumah lampu yang menjorok keluar, masuk ke dalam, melekat pada tembok, ataupun berbentuk lampu gantung.

lalu, tipe lampu yang serupa apa yang tercantum lampu downlight? ? buat tipe lampunya, yang tercantum tipe lampu downlight terdapat sebagian variasinya, lampu tersebut mampu berbentuk lampu pijar, neon, dan juga compact fluorescent dengan sudut distribusi sinar yang besar.

lewat pengaturan sudut jatuh sinar, lampu dengan arah downlight mampu meningkatkan atmosfer yang berubah apabila difungsikan bagaikan pencahayaan setempat dan juga dekoratif. salah satu contoh yang banyak digunakan merupakan wall washer, ialah memusatkan sinar ke bilik sampai-sampai tekstur dan juga corak bilik timbul dan juga lebih berukuran.

pencahayaan ke atas (uplight)

apa itu uplight? ? uplight merupakan arah sinar yang tiba dari dasar ke atas, dimana posisi lampu dihadapkan keatas. dampak sinar yang ditimbulkan ialah kesan megah, dan juga menimbulkan ukuran. tipe pencahayaan ini lebih condong ke pencahayaan dekoratif. sebagian contoh objek yang lazimnya disinari dengan pencahayaan uplight merupakan kolam rumah, karna luas permukaan yang disinari relative terbatas hingga lebih sesuai mengenakan lampu halogen dengan sudut penyinaran yang lebih kecil.

pencahayaan dari balik (backlight)

backlight maksudnya sinar yang berasal dari balik objek. perihal ini dicoba buat member aksentuasi pada objek, semisal buat menimbulkan siluet. sebaliknya pada objek tertentu, pencahayaan backlight ini membagikan sinar pinggir yang memesona, membentuk objek jadi lebih jelas nampak.

pencahayaan samping (sidelight)

sidelight ini sama dengan backlight, sidelight merupakan dimaksudkan buat membagikan penekanan pada elemen-elemen bidang dalamnya tertentu yang jadi aksen. dan juga mayoritas arah sinar ini digunakan pada artwork, ataupun benda-benda seni yang lain.

pencahayaan dari depan (frontlight)

cahayanya tiba dari depan objek, dan juga sinar tersebut hendaknya menyeluruh. sinar yang tersebar rata membikin photo/lukisan tersebut nampak apa terdapatnya. kecuali bila kita menginginkan penggalan tertentu nampak lebih cerah ataupun lebih hitam. seperti itu sebagian panduan dalam metode pencahayaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *