6 Manfaat Utama Gaharu

Masih sangat banyak sekali masyarakat yang belum mengetahui akan manfaat Gaharu, atau bahkan malah tidak mengerti apa itu Gaharu.

Hal ini sebenarnya sangat wajar, karena tanaman Gaharu di Indonesia sendiri lebih mudah ditemukan di daerah Kalimantan dan Sumatera, dan pohon ini juga menjadi salah satu pohon yang sangat dilindungi karena terancam punah.

Gaharu juga terkenal karena digunakan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan Minyak Kutus Kutus, sebuah minyak herbal asal Bali yang sangat terkenal sekali.

Pohon Gaharu memiliki nama latin Aquilaria Malaccensis. Pohon ini juga sering diumpamakan seperti pohon Cemara, yang bisa tumbuh besar hingga lebih dari 15-30 meter. Dengan diameternya 1,5-2,5 meter, serta memiliki bunga yang berwarna putih. Pohon ini juga mudah beradaptasi diberbagai habitat.

Namun biasanya, Gaharu tumbuh antara ketinggian 0-850 meter, dengan suhu rata-rata 20-22 derajat celcius setiap harinya. Gaharu ini memiliki banyak sekali manfaat yang bisa berguna dalam masyarakat.

Karena Gaharu memiliki berbagai kandungan yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Seperti Alkaloid yang bermanfaat sebagai antibiotic. Tannin, senyawa yang berguna sebagai antiseptic. Lalu Flavonoid, yakni sebagai antiinflamasi ntuk mengatasi peradangan, dan senyawa fenolik, yang bermanfaat untuk pigmentasi tanaman.

Pohon Gaharu ini memiliki berbagai manfaat. Bahkan, dengan Gaharu beberapa penyakit dari mulai yang susah disembuhkan hingga yang sering menjangkit tubuh bisa sembuh dengan menggunakan Gaharu.

Seperti, diabetes, kanker prostat, masalah ginjal, stroke, asam urat, asma, tiroid kelelahan kronis, disfungsi seksual, sembelit, mabuk, detoksifikasi, tekanan darah tinggi, gangguan kulit, penuaan dini, perawatan paru-paru, masalah peredaran darah, pengobatan sakit kepala dan masih banyak lagi.

Berikut ini akan dijelaskan sedikit mengenai manfaat Gaharu bagi kesehatan manusia.

  1. Sebagai anti depresi, daun gaharu memiliki ekstrak benzene yang bermanfaat untuk sistem syaraf pusat sebagai anti depresi. Ini karena Gaharu memiliki senyawa aktif agarospirol yang berguna untuk antidepresi yang mempu menekan system syaraf pusat yang akan menyebabkan ketenangan dan dapat mengembalikan kebugaran tubuh.
  2. Anti penuaan, hal ini bisa anda dapatkan dengan menjadikan daun Gaharu menjadi teh daun Gaharu. Ini karena gaharu ini kaya akan genkwanin merupakan glikosida alami yang dapat bermanfaat untuk kecantikan. Glikosida yang berupa genkwanin ini mampu menghilangkan merkuri secara efisien. Teh ini juga bermanfaat untuk diet yang mengandung glikosida.
  3. Menjaga berat badan, the Gaharu bisa membuat tubuh mengalami detoksifikasi yang bisa membuat turunnya berat badan. Untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan anda bisa mengonsumsi teh Gaharu 6-8 cangkir teh Gaharu per harinya, bisa disajikan dengan hangat ataupun dingin.
  4. Detoksifikasi tubuh, untuk anda yang merasa kurang berat badan, teh Gaharu ini juga bisa meningkatkan berat badan anda. ini karena apapun diet yang dilakukan, manusia tetap menimbun neurotoksin. Bukan hanya karena kosmetik, namun juga karena asupan makanan setiap harinya.
  5. Menambah energi, mengonsumsi secara rutin teh Gaharu akan meningkatkan jumlah kuantitas dalam membuang air kecil. Teh ini juga bermanfaat mengurangi rasa mabuk.
  6. Menjadi minyak, minyak essensial dari Gaharu ini dapat dipadukan dengan minyak essensial lainnya. seperti manfaat bunga mawar, bunga melati, geranium, dan juga cendana. Minyak dari gaharu bisa digunakan sebagai pengobatan penyakit paru-paru dan tumor pada perut. Minyak ini juga berguna untuk menangani gangguan syaraf, pensernaan, rematik, penyakit cacar, diare, asma dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa manfaar dari pohon Gaharu ang bisa kita gunakan untuk tubuh kita. Tetap lindungi dan jaga alam agar manfaatnya bisa terus kita rasakan.