9 Langkah Ganti Ban Mobil Sendiri Yang Mesti Di ketahui

Bila ban mobil bocor atau kempes sewaktu tidak terduga, kamu pastinya mesti dapat melepas serta menggantinya sendiri, terlebih bila tak ada bengkel paling dekat. Di bawah ini beberapa langkah ganti ban mobil sendiri yang perlu di ketahui tiap-tiap pengendara!

1. Menepikan Kendaraan ke Sisi Jalan yang Aman

Hal pertama yang butuh dikerjakan untuk ganti ban mobil sendiri yaitu menepikan kendaraan dengan perlahan-lahan ke sisi jalan yang aman. Mencari pinggir jalan yang cukup lega serta permukaannya keras untuk ganti ban. Ingat, janganlah menepikan kendaraan dengan mendadak, cermati kendaraan beda juga.

2. Rem Tangan, Lampu Hazard, serta Segitiga Pengaman

9 Langkah Ganti Ban Mobil Sendiri Yang Mesti Di ketahui

Kemudian, janganlah lupa aktifkan rem tangan, nyalakan lampu hazard, dan gunakan segitiga pengaman (bila ada) sebagian mtr. di belakang mobil. Bila tengah ada di tanjakan atau turunan, pakai kayu atau batu untuk mengganjal ban mobil.

3. Mempersiapkan Perlengkapan yang dibutuhkan

Waktu mengambil keputusan membawa kendaraan sendiri, janganlah remehkan membawa tool kit otomotif didalam mobil. Alat yang diperlukan umpamanya obeng, kunci roda, dongkrak mobil, serta ban serep. Tempatkan semuanya peralatan tersebut di sisi yang gampang terjangkau supaya kamu tidaklah perlu mondar-mandir.

4. Buka Penutup Lubang Baut

9 Langkah Ganti Ban Mobil Sendiri Yang Mesti Di ketahui

Buka penutup lubang baut bila ada, kamu dapat mencungkil sisi ini dengan obeng. Kendorkan baut mobil dengan memakai kunci roda, putar baut berlawanan dengan arah jarum jam. Waktu mengendurkan, kerjakan lewat cara bersebrangan pada baut yang satu dengan yang selanjutnya. Cukup dikendurkan saja terlebih dulu, jangan pernah terlepas.

5. Gunakan Dongkrak Mobil di Dekat Ban Mobil yang Juga akan diganti

9 Langkah Ganti Ban Mobil Sendiri Yang Mesti Di ketahui

Langkah ganti ban mobil sendiri setelah itu yaitu menempatkan dongkrak mobil di dekat roda yang juga akan ditukar. Tentukan sisi dekat roda yang mempunyai sisi cekungan atau titik tempat menempatkan dongkrak. Biasanya, tiap-tiap mobil mempunyai titik dongkrak ini.

Yakinkan dongkrak tegak lurus diantara tanah serta mobil, lantas pakai dongkrak untuk mengangkat ban sampai tempatnya gampang untuk ganti ban mobil sendiri. Bila dongkrak tampak miring, turunkan serta ulangilah dengan melakukan perbaikan tempat dongkrak terlebih dulu.

6. Buka Baut Hingga Terlepas Semua

Sesudah ban terangkat, buka baut ban sampai betul-betul lepas semuanya. Taruh baut-baut tersebut di tempat aman agar tidak menggelinding atau hilang. Lalu bebaskan ban dari tempatnya serta tempatkan ditempat yang aman dalam tempat tidur. Jangan sampai menempatkan ban dalam tempat berdiri.

7. Ambillah Ban Serep

9 Langkah Ganti Ban Mobil Sendiri Yang Mesti Di ketahui

Ambillah ban serep atau ban cadangan yang sudah disediakan, lantas gunakan dengan tempat yang pas. Kamu mungkin saja butuh sedikit menggoyang-goyang ban waktu memasukkannya supaya tempatnya betul-betul pas serta cocok. Sesudah betul-betul cocok, gunakan kembali baut-baut lewat cara bersebrangan pada yang satu dengan yang selanjutnya. Janganlah dikencangkan, cukup gunakan pada tempatnya saja sampai merasa cukup berat atau keras.

8. Turunkan Dongkrak Perlahan

Turunkan dongkrak dengan perlahan-lahan sampai ban menyentuh tanah dengan utuh. Terlepas dongkrak dari tempatnya, lantas mulai kencangkan baut satu-persatu dengan alur bersilangan sekali lagi serta yakinkan baut itu betul-betul terpasang dengan kuat serta kencang.

Bila kurang percaya, kamu dapat mengencangkan baut memakai kaki, yakinkan kunci roda telah terpasang dengan benar pada baut ban. Bila tidak, kunci juga akan terselip serta baut jadi aus atau loss.

9. Taruh Kembali Semuanya Perlengkapan dalam Mobil

Bila telah, ambillah kembali dongkrak, kunci roda, ban mobil, serta peralatan yang lain kedalam mobil. Janganlah lupa melakukan perbaikan ban yang bocor barusan supaya bisa dipakai kembali. 9 langkah ganti ban mobil sendiri juga usai telah!

Telah siap coba ganti ban mobil sendiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *