Cara Budidaya Rambutan di Pekarangan Rumah

Cara Budidaya Rambutan di Pekarangan Rumah

Cara Budidaya Rambutan di Pekarangan Rumah – Melakukan tanam menanam memang menjadi hobi dan juga pilihan tersendiri. Apalagi, dengan adanya beberapa tanaman yang ada di sekitar, akan menjadikan suasana yang lebih rindang. Seperti apapun pilihan tanaman itu, akan lebih baik bilamana dapat menghasilkan buah. Sehingga pada musim tertentu dapat memanennya. 1 Salah satu jenis tumbuhan itu ialah pohon rambutan, yang mana pada buah ini memiliki rasa yang enak serta pada nilai jual yang relative tinggi. Bila musim panen tiba, hasilnya bisa dijual serta dikonsumsi pribadi. Pemilihan penanaman rambutan ini bisa dilakukan di dekat rumah, seperti di area pekarangan di depan, samping ataupun di belakang rumah. Sehingga, tak ada batasan lahan untuk menanamnya, bahkan bisa pula ditanam di sebuah pot. Seperti apapun pilihan itu, tanaman rambutan ini bisa tumbuh subur dan berbuah melimpah bilamana diimbangi perawatan dan penanaman yang tepat Jual Bibit Rambutan.

Pada proses penanaman rambutan di area pekarangan ini, memang mudah. Bahkan, pada lahan yang terbatas sekitar 1 meter saja bisa digunakan untuk menanaminya. Sebelum proses penanaman ini dimulai, Anda bisa mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut ini: Pemilihan bibit yang bisa dipilih dengan bibit cangkok. Alasannya ialah cepat berbuah serta memiliki daya hidup yang lebih mudah. Penanaman bibit ini akan lebih baik bila dilakukan di musim penghujan. Tetapi bila di musim panas, sebaiknya pilih waktu sore atau pagi. Setelah bibit siap, kemudian siapkan lahan yang telah digali dan bisa disesuaikan dengan ukuran bibit. Pastikan bibit yang akan ditanam ini memiliki daun yang dipangkas dan setidaknya berukuran 1 hingga 2 meter sudah cukup.

Lakukanlah penanaman dengan menambahkan pupuk kandang serta pada penyiraman yang rutin. Menanam rambutan disini tidaklah sulit, bahkan relative mudah. Untuk itu, Anda bisa menanam lebih dari satu pohon, akan tetapi berikanlah jeda jarak dari satu bibit dengan bibit yang lainnya. Tujuannya ialah memberikan keluasan kepada tanaman tersebut untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Bahkan, pemberian pupuknya yang berasal dari pupuk kandang bisa lebih efektif serta hemat. Tetapi bila sulit untuk ditemukan, bisa menggunakan pupuk kimia. Pemupukan ini dilakukan selama satu minggu sekali selama satu bulan awal. Tahap selanjutnya bila pohon telah tumbuh subur, cukup dengan penyiraman secara rutin. Pada masa penanaman rambutan di sekitar area pekarangan ini, bisa diterakan dengan mudah. Sehingga, pada waktu setahun hingga dua tahun mendatang, rambutan tersebut dapat berbuah dengan melimpah. Akan tetapi, bila tanaman tersebut terserang oleh hama dan penyakit, segera lakukan pengendalian, seperti: Memotong bagian yang terserang penyakit. Menyemprotkan larutan pestisida. Membersihkan lingkungan sekitar dari tanaman pengganggu. Melakukan sanitasi secara rutin. Memberikan pupuk secara intensif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *