Cara membuat mie ayam yang menggiurkan

Masakan Indonesia yang cukup terkenal adalah mie ayam. Makanan ini terdiri dari mie ayam rebus dan ditaburi dengan beberapa bahan pelengkap dan saus lezat yang menggoda.

Sesuai dengan namanya, mie ayam Medan tentu saja dilengkapi dengan ayam.

Ketika wisata kuliner medan tumbuh, ada juga berbagai jenis mie ayam, termasuk mie jamur ayam. Dalam mie ayam jamur, ayam yang merupakan pelengkap mie ayam diganti dengan jamur, makanan ini cocok untuk pecinta veggie. Mie ayam harganya murah dan mengisi camilan. Penjual mie menyebar ke mana-mana.

Sejarah Mie Ayam

Mieayammahmud.com berasal dari Cina Selatan, terutama daerah pelabuhan seperti Fujian dan Guandong. Pada tahun 1870 ada gerakan besar imigrasi orang-orang Arab dan Cina ke pulau Jawa yang disebabkan oleh politik keterbukaan imigran dari Pemerintah Hindia Belanda, sehingga permukiman juga dikepung.

Dengan kedatangan orang Cina, ini menyebabkan berbagai makanan muncul. Awalnya sebelum mie ayam hadir, hidangan terkenal adalah “Caudo” atau kita kenal sebagai soto. Dulu “caudo” hanya dikenal di Lamongan dan Kudus saja.

Jenis caudo ini memiliki kaldu yang bening. Namun seiring waktu, sup soto Kudus dan Soto Lamongan tidak sejelas pada awalnya, karena inovasi dan penambahan rempah-rempah (terutama ‘koya’ yang terbuat dari udang tumbuk seperti ebi).

Setelah periode Soto pada tahun 1880 di perayaan Cap Go Meh di Semarang, Kong Koan mengundang para ahli memasak masakan Cina untuk berkompetisi. Bahan dasar yang digunakan adalah mian (mie) yang terbuat dari tepung terigu dan tepung beras, mifen (bihun), mian xian (misoa), lumian (lomi), guotiao (kwetiau) dan juga ravioli nom de plume bianshi atau apa yang kita kenal sebagai Pangsit .

Selain bahan berbasis tepung beras, kompetisi juga menyediakan kompetisi memasak untuk jenis tim keseluruhan (mengurangi agregat) seperti ruo bao (bapao), ruo zong (bacang), nunbing (lumpia). Mereka yang memenangkan perlombaan untuk kategori bahan tepung terigu dan tepung beras adalah peranakan dari Batavia dan pemenang kategori Tim Sum adalah seorang ibu peranakan Cina dari Bandung.

Mie ayam adalah salah satu jenis makanan yang bisa dikatakan telah menjamur di kelompok masyarakat. Tidak sama dengan jenis mie pada umumnya, tetapi chicken mia biasanya dilengkapi dengan berbagai jenis makanan pendamping seperti ayam, kuah yang cukup kental, dan sawi hijau dan sebagainya.

Mie ayam telah ditemukan di berbagai tempat seperti di pinggir jalan besar dan dijual dengan harga yang cukup bervariasi tetapi masih sesuai dengan ukuran tas. Mie ayam tidak hanya bisa dibeli, tetapi bisa juga dibuat sendiri. Benar menarik?

Karena sangat mudah membuat mi ayam, di hampir setiap area Anda akan menemukan ratusan bahkan ribuan warung mi ayam dengan berbagai variasi dan selera.

Bahan Yang Dibutuhkan untuk Membuat Mi Ayam

Bahan-bahan yang diperlukan saat membuat mi ayam termasuk kecap, bawang goreng, sawi hijau atau daun caisin, mie basah, kecap manis, saus, saus sambal, daun bawang, daging ayam, kaldu ayam dan bumbu.

Cara membuat mie basah sendiri

Mie basah biasanya terbuat dari tepung terigu. Tidak sulit untuk membuatnya.

Pertama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan.

250 gr tepung protein tinggi

2 sendok makan tepung tapioka / sagu

1 telur btr

1 sdt garam

2-3 sendok makan minyak goreng

air mendidih

Cara membuat mie basah Anda sendiri di rumah:

Campur tepung dan tepung tapioka, aduk sampai rata. Akan lebih baik jika pencampuran dilakukan sambil menyaring, sehingga kedua jenis tepung dapat dicampur secara merata

Tambahkan telur dan garam. Aduk rata kemudian aduk campuran sampai kental dan setengah halus. Ciri khas adonan halus, bukan adonan lengket di tangan. Tetapi tidak perlu menjadi halus untuk campuran mie basah, karena adonan akan digiling nantinya

Grind campuran dalam pabrik mie berulang kali sampai campuran halus dan halus. Grind dari ketebalan layu ke ketebalan sekitar 2mm. Biasanya, gunakan ukuran penggilingan nomor 1 ke nomor 4.

Setelah campuran halus, potong dengan menggunakan pabrik pemotong mie ukuran standar. Agar lembaran mie saling menempel, taburi mie menggunakan tepung tapioka atau tepung.

Siapkan loyang, rebus air bersama dengan 2 sendok makan minyak goreng. Setelah mendidih, tambahkan mie dan rebus mie hingga matang atau sekitar 3 menit.

Setelah 3 menit, keluarkan mie segera agar tidak meregang, lalu tiriskan.

Berikan 1-2 sendok makan minyak goreng untuk menjaga mie tetap lembab. Sekarang mie basah siap digunakan.