Cara Mengobati Gusi Bengkak

Cara Mengobati Gusi Bengkak

Cara Mengobati Gusi Bengkak

Nyeri serta menyakitkan.

Dua kata yang di rasa cocok untuk melukiskan begitu mengganggunya radang gusi pada manusia. Walau terlihat remeh serta seringkali terlewatkan, kenyataannya gusi memegang peran vital pada kesehatan mulut anda, lho.

Gusi adalah jaringan lunak (mukosa) yang berperan menutupi semua permukaan rahang. Pada umumnya, gusi berperan jadi penopang gigi supaya tetaplah kuat berdiri pada akarnya.

Mengigat peranannya yang vital, sudahkah anda memerhatikan kesehatan gusi anda?

Baiknya, gusi yang sehat juga akan berwarna merah muda. Tidak bengkak serta tidak sakit saat disentuh. Waktu dibikin bersih dengan menggosok-gosok gigi juga, gusi tidak keluarkan darah sedikitpun.

Tetapi dipicu oleh minimnya kebersihan mulut serta bermacam aspek yang lain, anda dapat terserang radang gusi. Dalam masalah ini, gusi juga akan bengkak serta merasa nyeri berkelanjutan.

Bila gusi bengkak merasa sangat mengganggu, anda harus berkonsultasi dengan dokter gigi untuk memperoleh perlakuan selanjutnya. Umumnya, dokter juga akan memajukan beberapa pertanyaan sekitar keadaan kesehatan anda.

Dokter juga akan meresepkan beberapa obat untuk meredakan rasa nyeri serta inflamasi. Seperti obat memiliki kandungan asam mafenamat, dexamethasone, clindamycin, sampai ibuprofen.

Di samping perlakuan medis yang didapatkan dokter, tahukah anda kalau ada segudang langkah alami yang dapat anda kerjakan untuk meredakan gusi bengkak?

  1. Air Garam

Untuk meredakan rasa nyeri serta bengkak pada gusi, anda dapat berkumur dengan air garam hangat. Anda dapat mencampurkan satu sendok teh garam dengan air hangat.

Berkumurlah 3x satu hari dalam keadaan air masih tetap merasa hangat. Perlahan-lahan tapi tentu, rasa nyeri serta bengkak pada gusi juga akan menghilang.

  1. Jeruk Nipis

Buah mungil yang merasa asam ini populer mempunyai segudang faedah baik untuk kesehatan. Salah nya ialah meredakan radang gusi.

Anda dapat jadikan jeruk nipis jadi obat kumur, persis seperti garam. Peras satu buah jeruk nipis serta campur dengan air hangat. Kerjakan teratur saat pagi serta malam hari sebelumnya tidur.

  1. Madu

Untuk mengempeskan gusi yang bengkak, anda dapat memoleskan madu pada ruang radang. Kerjakan 3x satu hari untuk memperoleh hasil yang maksimum. Tetapi sebelumnya mengerjakannya, yakinkan madu yang anda pakai adalah madu asli, ya.

  1. Lemon

Jeruk yang kaya vitamin C ini ampuh meredakan gusi bermasalah, lho. Yang butuh anda kerjakan hanya memotong lemon jadi seperempat sisi. Sesudahnya, peras air lemon serta campur dengan satu gelas air hangat. Aduk rata, lantas pakai untuk berkumur.

Paling tidak, kerjakan langkah tersebut sejumlah 2 x dalam satu hari. Bengkak serta rasa nyeri juga juga akan menyusut.