Cara Tepat Mengganti Lampu Belakang Mobil dengan yang Lebih Berkualitas

Lampu di dalam kendaraan roda empat atau mobil jenisnya memang sangat banyak, dimana untuk setiap jenis tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dalam beberapa kondisi mungkin Anda sebagai pemilik juga harus melakukan perawatan atau pergantian secara tepat, untuk memastikan bahwa lampu tersebut tetap dalam kondisi yang baik dan bisa bekerja sebagaimana sedia kala untuk fungsi penerangan. Tak hanya headlamp melainkan juga ada lampu bagian belakang mobil.

Dibandingkan dengan lampu depan ini, maka tidak bisa dipungkiri jika seandainya lampu bagian belakang memang paling mudah mengalami masalah, hal ini disebabkan oleh kesalahan dari pengemudi sendiri, misalnya adalah berkendara secara kurang berhati-hati sehingga belakang kendaraan berbenturan dengan kendaraan ataupun komponen yang lainnya. jika sudah rusak semacam ini maka mau tidak mau harus menggantinya dengan yang baru bukan. Apalagi jika sudah terlihat beberapa gejala seperti nyalanya tidak begitu optimal, ditambah juga mungkin ada sebagian yang mati, maka harus segera dilakukan pergantian.

Sebenarnya juga bukan hal yang sulit untuk menggantinya, apalagi di pasaran sendiri banyak toko-toko yang menjual produk onderdil tersebut salah satunya adalah Rumah Modifikasi. Berikut ini diantara tips bagi Anda yang ingin mengganti lampu lama dengan yang baru agar tidak sampai salah dalam membeli, yaitu :

  1. Ketahui terlebih dahulu jenis lampu yang rusak, meskipun dikatakan sebagai lampu bagian belakang mobil, namun juga tidak bisa dipungkiri jika seandainya ragam jenisnya juga begitu banyak. Mulai diantaranya adalah lampu sein, kemudian juga ada stop lamp dan masih banyak lagi, tentunya bagian yang rusak tidak mungkin semuanya bukan, melainkan hanya satu atau dua jenis, kenali terlebih dahulu sehingga tidak salah dalam memilih.
  2. Belilah yang sesuai dengan spesifikasi, agaknya Anda sendiri juga bisa melihat spesifikasi dari lampu tersebut, meskipun pilihan jenisnya di pasaran ada banyak, belum tentu yang akan dibeli tersebut sesuai dengan spesifikasi, khususnya dilihat dari segi daya atau watt, mungkin masih bisa digunakan, namun tidak akan bertahan lama atau mudah rusak karena kurang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.
  3. Pilih merk terbaik, hal lain yang nyatanya juga tidak kalah penting adalah merk dari lampu tersebut, apalagi semakin kesini ada semakin banyak diantara produsen yang memang mengeluarkan produknya, sudah pasti dengan merk yang berbeda-beda pula. Berbeda merk maka kualitas yang ditawarkan sendiri juga akan jauh berbeda.
  4. Harganya, jangan lupa untuk melihat harga sparepart tersebut apakah sesuai dengan budget yang dimiliki atau tidak. Karena jika berbicara mengenai tawaran harganya sendiri memang sangatlah bervariatif, ada yang menjual dengan nilai murah, namun tak jarang pula yang menawarkan harga mahal. Umumnya produk yang lebih mahal kualitasnya juga lebih baik dibandingkan dengan yang murah.
  5. Utamakan untuk membeli produk yang asli buatan pabrikannya, inilah yang selama ini diindahkan oleh konsumen dalam membeli sparepart, yaitu mereka tidak pernah mempertimbangkan apakah produk yang dibeli tersebut asli atau tidak, asalkan harganya murah maka dipilih, padahal lebih banyak produk aftermarket yang dijual saat ini dibandingkan dengan yang ori dengan tawaran harga memang jauh lebih murah.

Bisa langsung ganti lampu belakang mobil yang masalah tersebut dengan yang baru, pastikan agar semuanya menyala sesuai dengan fungsi, sehingga aktivitas berkendara jadi lebih nyaman dan pastinya aman, karena lampu kendaraan ini tugasnya juga untuk memberi kode bagi pengguna jalan lain.