Inilah 5 Cemilah Sehat untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Bagi Anda yang memiliki permasalahan kolesterol tinggi, Anda barangkali bingung untuk memilih cemilan rendah kolesterol yang sehat, tetapi tetap lezat. Terlebih lagi, banyak orang yang malah menghentikan kebiasaan ngemil demi memelihara kandungan kolesterolnya tetap wajar. Sementara itu, Anda dapat memanfaatkan kebiasaan ngemil tersebut untuk membantu mengurangi kolesterol, asalkan Anda memilihnya dengan bijak. Lalu, cemilan apa saja yang baik untuk pengidap kolesterol tinggi?

Orang yang memiliki kandungan kolesterol tinggi masih boleh meneruskan kebiasaan ngemil, dengan catatan menjauhi makanan yang dibuat dari mentega, susu, ataupun daging yang mengandung lemak. Karena, bahan makanan tersebut mengandung tinggi lemak yang mampu membentuk plak di arteri dan menutup jantung. Jika dibiarkan berkepanjangan, hal ini mampu memicu penyakit jantung, stroke, dan diabet.

Bermacam cemilan rendah kolesterol yang sehat dan lezat, diantaranya:

  1. Popcorn

Cemilan khas saat nonton film seperti popcorn mampu menjadi pilihan cemilan rendah kolesterol. Popcorn bersumber dari biji jagung utuh yang mengandung serat tinggi dan mampu membantu mengurangi kolesterol.

Popcorn mampu menjadi cemilan sehat dan pas bila diolah dengan langkah yang benar. Alih-alih menggunakan mentega, Anda bisa memakai minyak zaitun dan tidak banyak keju parmesan untuk membuat popcorn lebih lezat namun tetap sehat untuk Anda.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dapat menjadi pilihan cemilan yang pas kalau Anda mau berhasil mengurangi kolesterol. Tipe kacang-kacangan yang banyak mengandung HDL ataupun kolesterol baik ialah kacang almond, kacang kenari, dan kacang pecan. Cukup mengkonsumsi paling tidak 30 gr kacang, ataupun setara dengan 24 kacang almond ataupun 14 kacang kenari, untuk memelihara kandungan kolesterol Anda tetap normal.

  1. Sayur-mayur

Sayur-mayur ialah bahan makanan yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral untuk tubuh. Tidak hanya baik untuk mengontrol kandungan kolesterol, sayur-mayur juga mengandung rendah lemak, natrium, dan kalori. Maksudnya, dengan memperbanyak makan sayur mampu membuat Anda bebas dari penyakit jantung.

Jadi, Anda tidak usah beralih ke diet vegetarian hanya untuk mengurangi kolesterol Anda. Cukup pastikan Anda mengkonsumsi sayur-mayur dalam bermacam warna biar mendapatkan beragam vitamin dan mineral.

  1. Keripik kentang

Untuk memelihara kandungan kolesterol tetap wajar, Anda memang dianjurkan untuk membatasi keripik kentang ataupun bermacam gorengan yang lain yang mengandung garam dan kolesterol tinggi. Namun, bukan berarti Anda lalu tak dapat makan keripik kentang selama-lamanya. Anda dapat membuat sendiri keripik kentang yang sehat dan aman untuk kolesterol Anda.

Pada dasarnya, kentang mengandung rendah kalori dan tinggi serat, kalium, serta mineral yang membantu memelihara tekanan darah tetap terkendali. Maka itu, buatlah keripik kentang tipe Anda sendiri dengan jalan dipanggang memakai minyak zaitun.

  1. Oatmeal

Jangan hanya menyangka oatmeal sebagai makan saja. Anda juga dapat memberikan oatmeal sebagai menu cemilan yang sehat, lho!

Oatmeal mengandung serat larut yang mampu meresap kolesterol dan memindahkannya ke sistem pencernaan tanpa diserap oleh tubuh. Tidak hanya itu, serat mampu memicu penciptaan asam empedu yang mampu membantu mengurangi kolesterol baik (LDL). Maka itu, oatmeal dapat menjadi salah satu cemilan rendah kolesterol yang pantas Anda coba.