Jenis-jenis Kaca Untuk Kamar Mandi

Banyak yang menggunakan kaca sebagai sekat di rumah karena dapat memberi efek luas secara visual. Termasuk juga untuk digunakan di kamar mandi. Dapat memberi efek luas, sekat kaca juga bisa memberi nilai lebih pada desain interior.

jenis kaca kamar mandi
Sumber: Pinterest

Secara keseluruhan, kaca memiliki begitu banyak jenis. Namun, untuk jenis-jenis kaca yang bisa digunakan pada rumah atau hunian, ada beberapa jenis yaitu.

Kaca Bening

Kaca bening seringkali disebut juga dengan nama kaca polos atau float glass. Tidak memiliki warna, rata, bebas distorsi serta umumnya memiliki permukaan yang sangat bersih. Kaca jenis ini menjadi salah satu pilihan untuk kamar mandi karena dapat memperlihatkan bayangan yang sangat sempurna. Sehingga dapat memberi ilusi kamar mandi yang tampak luas dengan visual yang sempurna.

Untuk penggunaan di rumah, umumnya kaca ini digunakan dalam tebal 5 – 8 mm yang disesuaikan kembali dengan lebar yang dibutuhkan.

Kaca Es

Berbeda dengan kaca bening yang polos, kaca es justru memiliki pola atau tekstur tertentu pada salah satu sisi kacanya. Kaca es sering kali disebut juga dengan kaca indofigur. Karena memiliki pola atau tekstur itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa kaca es cukup banyak dipilih untuk kamar mandi. Pasalnya pola atau tekstur yang dimiliki oleh kaca dapat memberi efek dekoratif pada interior desain kamar mandi.

Kaca Tempered

Di antara jenis-jenis kaca yang paling banyak digunakan untuk kamar mandi, kaca tempered merupakan salah satu di antaranya. Hal ini karena kaca tempered memiliki tingkat kekuatan yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan jenis kaca biasa.

Jika dibandingkan dengan kaca biasa yang memiliki ketebalan sama, kaca tempered memiliki kekuatan dan ketahanan hingga 3-5 kali lipat dari kaca biasa saat menghadapi beban angin, benturan, tekanan air serta termasuk juga dalam menghadapi perubahan temperature atau suhu yang tinggi.

Selain itu, jika kaca tempered pecah, biasanya pecahan tersebut berbentuk tumpul dan kecil-kecil serta tidak mudah menyebar. Sehingga tidak cukup melukai dan lebih aman dibanding kaca biasa. Oleh karena itu selain untuk kamar mandi, kaca tempered juga banyak digunakan pada bangunan yang menuntut tingkat keamanan tinggi.