Kelebihan dan Kekurangan Mengimpor Barang China

Kelebihan dan Kekurangan Mengimpor Barang China
Kelebihan dan Kekurangan Mengimpor Barang China

Apakah anda penasaran kenapa barang yang dijual di Indonesia banyak yang merupakan barang China? Banyak sekali produk China yang dijual di toko kecil maupun toko besar di Indonesia. Sebenarnya ada kelebihan dan juga kekurangannya bila kita mengimpor barang dari negara China. Berikut adalah kelebihan impor barang dari China yang membuat banyak Importir tergiur mengimpor barang dari China.

Yang pertama karena mudahnya proses impor barang dari China, kita tidak perlu khawatir masalah pajak, apalagi masalah ongkos kirim. Banyak vendor China yang tidak memberlakukan ongkos kirim. Jadi bila kita mengimpor dari China kita hanya harus membayar harga barang saja tidak perlu membayar biaya pegiriman yang biasa bisa sangat mahal bila mengimpor dari negara lain.

Satu lagi kelebihan mengimpor barang dari China adalah harga barangnya yang sangat murah. Dengan begitu bila dijual lagi di Indonesia para importir akan mendapat keuntungan yang lebih banyak dibandingkan dengan menjual barang yang diimpor dari negara lain. Barang China tidak semuanya berkualitas jelek, banyak juga yang kualitasnya bagus. Disamping kelebihan di atas, ada juga kekurangan dari mengimpor barang dari China.

Produk Indonesia jadi semakin tersaingi, karena terlalu banyak produk yang diimpor dari luar negeri seperti China misalnya. Pemerintah kita memiliki kebijakan yang berbeda masalah ekspor dan Impor sehingga barang dari Indonesia agak sulit untuk masalah impor. Pemerintah China cenderung memudahkan pajak, biaya pengiriman, hingga masalah ijin impor barang.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mengimpor produk dari China. Bagi anda yang mungkin ingin mengimpor barang dari China mungkin bisa mempertimbangkan hal-hal di atas. Barang China yang dijual di Indonesia banyak macamnya.

Mulai dari bahan makanan, yang kemasan maupun bukan, barang perabot rumah tangga, barang elektronik seperti kulkas, TV, kipas angin, HP, sampai motor bahkan mobil. Saat ini saja sebagian besar masyarakat Indonesia banyak yang memakai smartphone atau hp produksi China, bahkan mungkin smartphone anda juga merupakan produk China.