Kenali Dulu Jenis-jenis Pinjaman Tanpa Jaminan Ini Sebelum Mengajukannya

Sampai dengan saat ini aktivitas pinjam uang di bank sudah menjadi hal yang biasa sekali, entah digunakan untuk usaha, konsumtif, pendidikan ataupun lainnya. Melihat antusias banyak masyarakat yang melakukan peminjaman, bank memanfaatkan dengan mengeluarkan berbagai pilihan produk kredit menarik. Salah satu yang sedang populer saat ini adalah KTA atau kredit tanpa agunan. Dimana setiap orang bisa melakukan peminjaman uang tanpa harus menyiapkan jaminan apapun. Kredit itu menjadi cukup populer karena kemudahan dalam melakukannya, tertarik untuk mengajukan?

Kelebihan Pinjaman Tanpa Jaminan

Kebutuhan setiap orang yang terus mengalami peningkatan setiap harinya membuat mereka harus berfikir lebih keras. Selain menambah kerjaan, ada solusi lain jika kebutuhan mendesak harus segera dipenuhi. Seperti melakukan pinjaman dari bank, melalui kredit tanpa agunan Anda sudah terbantu untuk segera mendapatkan uang tanpa harus menyiapkan jaminan. Sebelumnya, jenis kredit tersebut mempunyai kelebihan dari pada yang lain seperti :

  1. Proses pengajuan yang cepat, mudah serta tidak perlu adanya jaminan apapun.
  2. Dokumen yang diperlukan dalam persyaratan juga sedikit tidak merepotkan.
  3. Jumlah pembayaran setiap bulannya bisa diperhitungkan dari kemampuan.
  4. Proses pembayaran yang mudah serta bunga tetap selama kontrak.
  5. Dana fleksibel bisa digunakan untuk apapun.

Jenis-jenis Pinjaman Tanpa Jaminan

Dari beberapa kelebihan yang dijelaskan diatas, tidak heran jika sampai dengan saat ini masih cukup banyak masyarakat yang tertarik menggunakan kredit tersebut. Namun yang disayangkan, tidak sedikit yang mengajukan pinjaman tetapi tidak sedikit pula yang belum paham jenis-jenis pinjaman tanpa jaminan tersebut. Masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda dan harus Anda pahami terlebih dahulu. Supaya lebih jelas, berikut ini ada beberapa jenis pinjaman tanpa jaminan umumnya :

1. Dana Cepat

Ini merupakan salah satu produk pinjaman yang memberikan kemudahan dalam pencairan lebih cepat. Umumnya Anda bisa mendapatkan dana secara langsung dalam waktu kurang dari satu minggu. Bagi Anda yang sedang membutuhkan dana mendesak, ini bisa menjadi solusi atau pilihan tepat.

2. Tenor Panjang

Jenis yang kedua ini termasuk dalam pinjaman yang memberikan waktu pelunasan lebih panjang atau lama. Umumnya suatu bank menawarkan jenis kredit ini dalam waktu pembayaran lebih dari 3 tahun. Untuk jenis ini cocok bagi Anda yang membutuhkan dana besar tetapi ingin proses pengembalian lebih lama, untuk bisnis atau usaha tepat.

3. Bisa Bayar Awal

Sebagian dari Anda pasti sudah tidak asing adanya biaya pinalti ketika melakukan pelunasan dalam waktu lebih cepat? Ya, itu sebagai bentuk denda karena tidak sesuai dengan perjanjian awal. Tetapi dalam jenis kredit tanpa agunan yang satu ini, Anda tidak akan dikenakan oleh denda apapun jadi free early payment fee loan.

4. Payroll

Lalu ada jenis kredit cocok bagi nasabah yang sering menyalurkan pembayaran gaji melalui bank tertentu. Untuk jenis ini pengajuan akan lebih mudah, selain itu juga bunga yang dibebankan akan lebih ringan dari pada jenis kredit yang lain atau sebelumnya.

Itulah beberapa contoh produk pinjaman tanpa adanya jaminan dari bank yang sering ditawarkan secara umum. Dengan mengetahui jenis atau fungsinya masing-masing, Anda akan lebih mudah lagi untuk menentukan akan mengajukan yang mana. Saat ini hampir semua bank menawarkan produk KTA tersebut, tetapi sebaiknya Anda memilih bank yang memberikan tanggungan bunga lebih ringan dari pada yang lain. Tentu saja hal itu didapatkan dari proses perbandingan terlebih dahulu sebelum pengajuan. Sekian, semoga dapat bermanfaat.