Kenali Gejala Diabetes Pada Wanita Sebelum Terlambat

Gaya hidup serta pola makan yang tidak sehat bisa meningkatkan risiko Anda untuk terkena diabetes. Lalu, apa saja gejala diabetes yang bisa menyerang wanita yang perlu untuk anda waspadai? Simak penjelasannya berikut ini.

obat luka bernanah diabetes
Diabetes

Tanda dan gejala diabetes pada wanita


Infeksi ragi serta luka di alat vital yang berulang

Gejala diabetes pada wanita dapat diawali dengan adanya infeksi jamur pada alat vital. Gejala awalnya ini dapat meliputi gatal, keputihan, nyeri, serta rasa sakit ketika berhubungan. Infeksi alat vital ini disebabkan karena pertumbuhan jamur candida secara berlebih karena dipicu dengan adanya kadar glukosa tubuh yang terlalu tinggi. Infeksi ragi yang muncul secara kambuhan terjadi berulang kali kemudian dapat berkembang menjadi luka di alat vital.

Terkena ISK berulang

Wanita pada dasarnya lebih dan sangat berisiko terkena infeksi saluran kencing (ISK). Risiko ini dapat meningkat apabila Anda mempunyai diabetes. ISK terjadi ketika bakteri masuk ke saluran kemih. Hasilnya adalah infeksi ini dapat menyebabkan buang air kecil terasa sakit hingga bisa mengakibatkan kencing berdarah.

Apabila tidak diobati, hal ini dapat berisiko pada infeksi ginjal. ISK menjadi gejala diabetes pada wanita ini disebabkan karena sirkulasi darah yang buruk pada ginjal serta saluran kemih. Selain itu, dengan adanya ketidaklancaran sel darah putih yang mengalir melewati aliran darah tidak berfungsi dalam membunuh kuman serta bakteri yang masuk.

Disfungsi seksual wanita

Neuropati diabetik dapat menjadi salah satu gejala diabetes pada wanita. Keadaan ini terjadi saat glukosa darah dalam kadar yang tinggi, akibatnya adalah merusak serabut beberapa saraf tubuh. Hal ini bisa memicu kesemutan serta hilangnya perasaan pada berbagai bagian tubuh, termasuk tangan, dan kaki. Kondisi ini juga bisa mempengaruhi sensasi di bagian alat vital serta menurunkan dorongan seksual wanita.

Jika anda sudah divonis diabetes dan anda memiliki luka pada bagian tubuh anda, maka akan menjadi sangat berbahaya. Jika keadaan sudah sangat bahaya, maka tindakan yang biasa dilakukan adalah amputasi. Namun, jika luka yang anda alami masih kecil dan anda dengan sigap menanganinya, maka bisa dipastikan luka diabetes anda akan cepat mengering. Untuk mengeringkan luka diabetes, anda bisa menggunakan obat luka diabetes.

Adakah cara menangani gejala diabetes pada wanita?

Ada berbagai macam cara atau pengobatan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gejala serta komplikasi diabetes pada wanita. Berikut ini merupakan hal yang dapat Anda lakukan:

Terapi insulin

Terapi insulin ini dilakukan dengan cara menyuntikkan insulin pada bawah kulit paha serta perut. Anda harus memvariasikan lokasi suntikan dengan maksud untuk mencegah penebalan kulit. Jumlah insulin yang akan Anda butuhkan setiap hari tergantung dari berbagai faktor termasuk tingkat aktivitas fisik, diet Anda, serta seberapa parah diabetes Anda.

Mengubah gaya hidup

Jika Anda sudah terdiagnosis menderita diabetes, maka ada baiknya Anda mengatur serta merubah gaya hidup Anda seperti contoh berikut ini:

  1. Berolahraga serta menjaga berat badan yang sehat
  2. Berhenti merokok serta minum minuman
  3. Mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, serta biji-bijian
  4. Memantu perkembangan secara terus menerus gula darah Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *