Kubah Masjid Enamel Agung Kuno

Kubah Masjid Enamel Agung Kuno

Kubah Masjid Enamel Agung Kuno

Assalamualaikum Wr. Wb. Saudara saudara ku muslimin semua dan juga selamat siang untuk saudara saudara ku yang non muslim yang juga selalu setia untuk membaca artikel artikel yang di posting jual kubah yang membahas mengenai segala hal yang berkaitan dengan Kubah Masjid Enamel. Sebelum nya kita sudah membahas banyak sekali banyak hal yang berkaitan dengan Kubah Masjid Enamel Kubah Masjid Enamel yang ada di seluruh dunia ini. Nah utuk di pertemuan kali ini dan untuk kedepan nya kita akan membahas beberapa Kubah Masjid Enamel yang ada di Indonesia yakni negara kita tercinta ini.

Nah untuk yang pertama akan kita bahas kali ini adalah mengenai salah satu makan dan juga Kubah Masjid Enamel kuno yang ada di negara kita indonesia ini. Lebih tepat nya adalah Kubah Masjid Enamel dan makam yang ada di daerah kelurahan taman di kota madiun, jawa timur. Untuk nama lain dari Kubah Masjid Enamel ini sendiri adalah Kubah Masjid Enamel donopuro atau juga para warga sekitar lebih akarab dengan nama atau sebutan Kubah Masjid Enamel besar kuno madiun. Admin sendiri sih sudah pernah sekali datang ke tempat ini. Dan tahu kah kalian bahwa suasana di sekitar lingkungan Kubah Masjid Enamel ini sangat lah asri sekali dan masih terkesan pedesaan karena ya memang tempat nya ada di tengah desa.

Menurut sejarah yang di cerita kan oleh setiap warga yang ada di daerah taman ini secara turun temurun mereka mengatakan bahwa Kubah Masjid Enamel yang satu ini orang yang memiliki ide atau yang pertama kali berencana untuk membangun Kubah Masjid Enamel ini adalah kiai ageng misbach atau yang dikenal juga sebagai kiai donopuro dan di bangun pada tahun seribu tujuh ratus lima puluh empat.  Karena yang mengutara kan inisiatif untuk memulai membangun Kubah Masjid Enamel ini adalah kiai donopuro maka dari itu nama dari Kubah Masjid Enamel ini pun dinamai dengan nama Kubah Masjid Enamel donopuro. Letak dari tanah yang di gunakan sebagai tempat untuk mendiri kan Kubah Masjid Enamel donopuro ini merupakan lahan perdikan atau yang juga dikenal sebagai lahan yang ada di daerah bebas pajak pada masa kerajaan mataram. Wilayah atau daerah ini dulunya milik kanjeng pangeran rangga prawirodirjo I yang pada masa itu menjabat sebagai bupati dari wedana timur atau manca negari timur di kerajaan mataram tepat nya sebelah timur dari gunung lawu. Kemudian tanah ini diberi kan kepada kanjeng raden ngabehi kiai ageng misbach yang pada masa itu sedang menjabat sebagai penasihat dari pangeran rangga prawiradirjo I.

Dari Kubah Masjid Enamel ini lah syiar agama islam se karesidenan madiun mulai terjadi dan menyebar ke berbagai wilayah. Di Kubah Masjid Enamel kuno yang ada di madiun ini sekeliling nya dikelilingi dengan makam makam para mantan bupati dari madiun yang akhir nya dimasukkan sebagai daftar peninggalan cagar budaya tahun 1981, karena itulah nama nya kini pun diganti sebagai Kubah Masjid Enamel besar kuno madiun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *