Kurangi Berat Badan dengan Olahraga Ringan

Saya kirain kurangi berat badan itu kudu dimulai bersama dengan nahan porsi makan seperti kelaparan. Ternyata enggak juga. Setelah aku laksanakan diet sehat sebentar, ternyata berat badan aku sebenarnya turun, namun aku nggak lapar-lapar amat 7 day slim.

Dihantui Lemak
Jadi gini, dulu aku memiliki beberapa  gaun kesayangan yang sering aku manfaatkan untuk acara-acara istimewa. Biasanya sebelum saat acara, aku nyobain manfaatkan gaun itu untuk mix plus match bersama dengan asesoris yang aku punya. Tapi saat suatu hari aku kudu manfaatkan suatu dress code ke sebuah acara, gaun yang cocok dress code itu menjadi muncul kekecilan di perut saya. Saya menjadi gugup.

Saya yakin aku nggak gemuk. Berat badan aku hanya 58 kg bersama dengan tinggi yang capai 151 cm aja. Oke, barangkali sedikit berlebih, namun aku nggak keberatan soal itu. Saya hanya cemas kecuali tubuh aku menjadi kelebihan bersama dengan lemak-lemak yang nggak mampu hilang bersama dengan hanya puasa aja.
Tetapi di dalam jangka pendek, lemak mampu membuat kita terpaksa belanja gaun baru dan itu sudah masuk kategori buang-buang duit. Kalau gaun lama masih belum rusak, kenapa aku kudu beli gaun baru hanya gegara badan aku melar?
Olahraga Tanpa Diet = Metabolisme Berantakan
Saya rasa, ngantuk itu sebenarnya bukan karena salah larinya. Tapi karena habis lari, aku selalu laper dan porsi makan aku menjadi banyak. Bahkan porsinya dua kali lipat, lebih banyak kecuali makan pasca lari daripada porsi biasa saat nggak lari.

Lalu aku coba akalin, saban habis lari, aku makan biasa aja. Nggak lebih lah. Eeeh..kok rasanya kurang suka gitu. Berasa banget masih lapernya. Sungguhan deh lari itu kuras tenaga banget, rasanya nggak ikhlas gitu kecuali makan hanya sedikit.

Dan aku tuh, kecuali lagi laper, biasanya menjadi mudah marah. Aura aku menjadi gelap banget. Padahal kan nggak baek juga kecuali aku menjadi mudah tersinggung hanya gegara laper, karena aku kan memiliki anak yang kudu diasuh saban hari.

Pelan-pelan, sambil buka buku era kuliah aku dulu, selanjutnya aku coba introspeksi. Memang dulu aku nggak suka olahraga, namun sekarang memaksakan diri untuk olahraga seven day slim. Dan aku pilih olahraganya yang langsung berat pula, lari keliling kompleks perumahan yang luas banget.Ketika tubuh manusia yang jarang beraktivitas mendadak menjadi beraktivitas berat, tubuh bereaksi bersama dengan mengeluarkan emosi-emosi negatif. Mulai berasal dari cepat marah sampai lesu.

Orang dewasa, sepantaran saya, yang kerjaannya nulis di meja sambil ngawasin anak main, memiliki kegiatan harian yang condong membakar kalori sampai kurang lebih 2.000-an kilo kalori (kkal) per hari. Menu makan aku kurang lebih 400-an kkal tiap kali makan (terutama karena banyak nasi dan banyak gorengan). Dan menu itu belum juga ngemil (karena nemenin anak aku ngemil). Nggak lumayan menu makan itu kecuali berkenan dibakar bersama dengan kegiatan harian.

Saya kurang tidur lantaran sering begadang untuk bekerja, makanya metabolism rate aku menjadi nggak karuan. Pendek kata, aku ini sering masukin kalori ke badan aku namun jarang terbakar semua. Nggak heran berat badan aku nambah.

Olahraga barangkali mampu membakar tumpukan kalori di badan. Tapi reaksi tubuh yang selalu lapar saban kali habis olahraga, dapat sebabkan nafsu makan naik lebih daripada biasanya. Akibatnya kuantitas kalori yang masuk via makanan lebih banyak ketimbang kuantitas kalori yang dibakar bersama dengan olahraga.

Dan ledakan nafsu makan itu sudah siklus hormon yang kudu diterima. Percuma juga kecuali habis olahraga selanjutnya memaksakan diri hanya berkenan makan sedikit.

Jadi, kecuali aku berkenan badan aku nggak sempoyongan habis olahraga, aku nggak boleh makan terlampau kenyang. Berarti aku kudu diet yang benar, bermakna cari menu makan sesudah olahraga yang kalorinya cukup, namun selalu membuat kenyang.

Cara Diet yang Benar dan Bikin Tetap Kenyang
Saya sudah ngeh berasal dari era baheula bahwa kecuali aku kepingin kenyang lebih lama itu, aku kudu makan makanan yang banyak seratnya. Berarti buah-buahan dong? Cuman rasanya kok mengada-ngada juga kecuali aku hanya makan buah tiap hari tanpa lauk. Lha di mana gregetnya dong makan itu kecuali nggak manfaatkan lauk seperti biasa?

Sampai sesudah itu aku nemu sebuah susu diet di supermarket. Merknya Slim & Fit. Di kemasannya sih bilangnya ini high protein plus high fiber milk, makanya aku menjadi tertarik. Protein tinggi bermakna tersedia gizi untuk pembentukan sel-sel otot di badan. Serat tinggi bermakna usus menjadi bekerja bersama dengan tokcer dan selalu kenyang.

Dan susu? Saya sendiri sudah biasa minum susu semenjak masih kecil.

Waktu aku baca kemasan nilai gizinya, ternyata di dalam sekali sajian, lemak yang disajikan hanya 2,5 gram. Lho ya dikit banget lemaknya itu mah.
Saya bawa pulang aja tuh susu.

Saya cobain satu sachet ya sebelum saat sarapan, aku minum sampai habis. Lalu..ajaib, aku nggak pingin makan lagi.

Tadinya aku bingung. Mosok sarapan nggak makan sama sekali, hanya minum susu doang? Saya cobain ambil nasi sedikit, sama lauk seuprit doang. Eh bener lho, baru 2-3 sendok nasi aja, aku kenyang.

Malemnya, aku cobain minum susu ini lagi dong. Satu sachet dituangin ke gelas, konsisten larutin di dalam air. Lalu diminum. Udah deh, menjadi kenyang, nggak pingin makan apa-apa..

Wedewww..kalau kayak gini caranya, aku mampu ngirit beras nih, hahahaa..

Malah, usai sarapan bersama dengan minum susu ini, bukannya menjadi ngantuk kekenyangan, aku tambah menjadi stimulan main bareng anak aku yang lompat-lompat ke sana kemari seharian.

Lalu aku baca lagi kemasan produknya baik-baik. Woalah..ternyata komposisi bahan utama susu ini adalah susu skim, isomaltulosa, dan protein whey. Ya pantesan..isomaltulosa itu kan sebenarnya jenis karbohidrat yang sistem pemecahannya agak lama di di dalam tubuh manusia. Ketika isomaltulosa berkeliaran di dalam darah tubuh kita, dia kirim sinyal pesan ke otak bahwa tubuh sudah di dalam keadaan kenyang. Otak terima sinyal ini sebagai sinyal kita sudah menjadi puas, agar kita menjadi nggak kepingin makan lagi.

Tapi, beda bersama dengan karbohidrat biasa, isomaltulosa ini istimewa. Kalau manusia biasanya makan karbohidrat sampai glukosanya tinggi, otak dapat kirim sinyal untuk mengakibatkan rasa kantuk. Sedangkan kecuali manusia banyak makan isomaltulosa, isomaltulosa ini dapat bekerja di otak dan merangsang otak agar bekerja kognitif. Pendek kata, sesudah makan isomaltulosa ini, otak menjadi nggak lemot dan menjadi nggak ngantuk.

(Saya sebenarnya dulu baca bahwa sekarang isomaltulosa ini lagi trending menjadi bahan untuk produk susu anak-anak. Ilmuwan yakin kecuali anak yang dikasih minum susu isomaltulosa mampu melakukan soal-soal pelajaran sekolah bersama dengan lebih cepat daripada anak yang nggak dikasih minum susu isomaltulosa.
Diet Sehat sambil Olahraga Ringan
Lalu aku mikir, mampu nggak aku diet sehat manfaatkan susu isomaltulosa yang banyak seratnya ini tanpa olahraga lari-lari segala? Karena sepertinya lari keliling kompleks setiap hari itu kegiatan yang terlampau ambisius dadakan bagi saya.

Saya coba ganti olahraganya dong. Kalau kemaren aku gagal lari-lari rutin, besoknya aku coba download video senam di Youtube. Nah, sepertinya ini rada lebih realistis membuat aku karena aku nggak kudu bangun pagi-pagi. Setiap hari, aku luangkan kala kurang lebih 15-20 menit untuk senam sambil dipandu instruktur di Youtube. Anak aku tadinya bengong lihat aku stretching sana stretching sini sambil nonton laptop, namun lama-lama dia tertarik dan ikutan niru-niru, hihihi.

Nah, habis senam bentar itu, kan keringetnya muncul banyak tuh. Saya langsung ambil susu dietnya dan meminumnya segelas, konsisten makan pisang. Udah deh, olahraganya selesai dan aku merintis kegiatan harian aku seperti biasa, tanpa ngantuk lebih-lebih capek.

Cuma kan bosen ya saban hari senam-senam melulu. Jadi aku selingin pake olahraga lain. Saya nyoba lari lagi, namun bukan keliling kompleks, melainkan keliling taman. Kebetulan anak aku suka main-main di taman kota dekat rumah sore-sore, menjadi aku temenin dia main di sana sambil jogging keliling taman. Kayak gini macem sambil menyelam minum air deh, aku mengasuh anak, sambil olahraga.
selamat mencoba