Mengikuti Jual Bibit dan Pohon Pule

Mengikuti Jual Bibit dan Pohon Pule

Mengikuti Jual Bibit dan Pohon Pule

 

Sebanyak tiga puluh lima orang diwajibkan mengikuti ujian psikotes yang ingin menjual pohon pule. Ujian yang digelar pada pagi hari dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB di Gedung Dinas Pertanian Kota setempat. Pada kegiatan ini dihadiri sebanyak tiga puluh lima orang dan panitia penjualan pohon pule. Sedangkan hasil ujian psikotes ini akan di ambil lima belas orang yang bisa mengambil bibit pule secara gratis untuk di jual. Para peserta yang lulus ujian psikotes akan dimodali penuh dari pemerintah tanpa mengembalikan modal sedikitpun. Para peserta yang ikut juga dapat mengambil bibit secara langsung dengan gratis sebanyak masing-masing seratus batang. Hal ini bertujuan untuk memberikan modal kepada masyarakat yang ingin berjualan tetapi tidak dapat berjualan karena modal. Para peserta ini akan Jual Bibit dan Pohon Pule di seluruh Kota Setempat. Kegiatan pencarian pedagang pohon pule ini merupakan tahap pertama dan masa percobaan. Rencananya akan ada kembali kegiatan seperti ini setelah beberapa bulan ke depan yang di lakukan oleh Dinas Pertanian dan Perdagangan Kota Setempat.

Para peserta yang lulus dari tahap ujian psikotes ini selanjutnya akan selalu di pantau oleh petugas lapangan. Yang harus di persiapkan adalah laporan dari hasil penjualan dan laporan tentang ketertarikan pembeli kepada pohon pule ini. Jika tidak memenuhi target penghasilan akan teguran dari pemerintah karena pedagang mematok harga terlalu rendah. Pemerintah sudah mematok harga pohon pule sebesar dua belas ribu rupiah hingga empat belas ribu rupiah perbatangnya. Tujuan dari pemerintah mematok harga agar nantinya mereka tidak rugi dan hasil penjualan dapat terpantau oleh panitia. Mereka juga bisa nyaman jika harus berjualan di mana saja. Karena tidak ada saingan harga di pasaran. Peserta yang mengikuti Jual Bibit dan Pohon Pule sebanyak lima belas saja yang tersebar di kota Setempat. Mereka akan di pantau setiap satu minggu sekali dan setor laporan setiap harinya.

Laporan dari hasil penjualan akan dikirim langsung oleh pedagang jika tanaman pule sudah terjual habis. Nantinya akan menjadi observasi dari pemerintah tentang penjualan dengan system seperti ini. Pedagang yang sudah menyelesaikan tugasnya dengan criteria tertentu juga akan mendapatkan hadiah tambahan. Kriterianya pedagang yang bisa mendapatkan hasil terbanyak dan menyelesaikan tugasnya paling dahulu akan mendapatkan hadiah tambahan. Hadiah tambahan ini berupa uang sebagai pengembang usaha Jual Bibit dan Pohon Pule yang sudah ada. Pedagang sangat senang dengan adanya kegiatan ini karena bisa membantu mereka membuka usaha tanpa modal. Namun, pemerintah juga berharap pedagang yang telah lulus dari kegiatan ini dapat mempertahankan usahanya sebagai penjual bibit dan pohon pule.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *