Cara Mengobati Luka Koreng Dengan Obat Koreng

Luka bisa terjadi pada siapa saja tanpa mengenal usia dan bisa juga pernah anda alami. Luka yang biasa terjadi adalah luka gores. Walaupun terkesan sederhana atau sepele, jika penangannnya tidak tepat maka akan menjadikan luka menjadi semakin parah bahkan bisa menyebabkan infeksi. Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi cara mengobati luka dengan baik supaya luka cepat kering dan pulih. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.

Obat koreng
cara mengobati luka koreng

Bersihkan luka dengan air mengalir

Apabila anda mengalami luka, maka yang pertama yang harus anda perhatikan adalah membersihkan luka dengan menggunakan air yang mengalir. Tujuuannya adalah supaya kotoran yang berada pada sekitar luka hilang. Selain itu, bisa mencegah luka mengalami infeksi.

Tutupi dengan Plester atau Perban

Setelah anda membersihkan luka, anda bisa menaruh obat luka seperti betadine. Untuk menjaga dari gesekan dengan pakaian, maka yang harus anda perhatikan adalah menutup luka dengan plester atau perban. Keropeng luka yang tidak ditutupi mudah untuk terbuka kembali, bahkan terinfeksi. Oleh karena itu, gantilah perban maupun plester minimal setiap hari.

Perhatikan Tanda Alergi terhadap Perekat atau Lateks

Apabila Anda merasa gatal, melepuh, maupun terasa panas dibalik perban/plester, maka bisa jadi Anda mengalami reaksi alergi terhadap perekat dari perban/plester tersebut. Untuk kulit yang sensitif, anda bisa mencoba mengganti plester atau perban dengan kain kasa steril yang ditempelkan perban tanpa perekat.

Keropeng Penting untuk Kesembuhan

Segera sesudah kulit terluka, maka tubuh akan langsung memulai proses penyembuhannya dimana Sel-sel darah putih akan bergerak melawan bakteri penyebab infeksi. Trombosit, sel darah merah, serta fibrin akan menciptakan gumpalan seperti jeli di atas luka serta segera membentuk lapisan keropeng yang mampu melindungi luka.

Apabila luka menjadi terasa gatal, maka sebaiknya tahan keinginan untuk menggaruknya. Diamkan saja keropeng tetap ada di tempatnya.

Langkah Cepat untuk Luka Bakar Kecil

Kebanyakan dari kita munggkin pernah ada yang mengalami luka bakar kecil. Untuk mengobati luka bakar, maka segera dinginkan bagian luka dengan menggunakan handuk basah maupun air dingin yang mengalir untuk mendinginkan kulit.

Setelah itu, bersihkan luka bakar dengan menggunakan sabun serta air bersih kemudian tutupi dengan perban. Biarkan keropeng yang terbentuk, jangan digaruk bahkan sengaja mengelupas. Keberadaan keropeng penting untuk melindungi kulit selama masa proses penyembuhan.

Sekecil apapun luka yang anda alami, anda harus merawatnya dengan benar supaya luka cepat pulih dan tidak menyebabkan infeksi. Luka yang infeksi dapat membahayakan keselamatan anda. Jangan lupa kunjungi almiira.com untuk mendapatkan informasi seputar obat fistula ani dan obat luka bernanah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *