ODD (Oppositional Defiant Disorder)

ODD (Oppositional Defiant Disorder)

Oppositional Defiant Disorder (ODD) adalah semacam masalah tingkah laku yang seringkali berlangsung pada anak serta remaja. ODD umumnya terlihat pada alur tingkah laku yg tidak kooperatif, sukai menantang, sebagian geram, uring-uringan, serta bermusuhan pada profil otoritas (seperti orangtua, guru, atau pengasuhnya). Hal semacam ini umumnya mengganggu peranan serta kesibukan mereka keseharian manjakani perapat

Diprediksikan sekitaran 2%–16% anak umur sekolah serta remaja alami ODD. Pada anak yang masih tetap muda umumnya ODD berlangsung pada lelaki. Pada anak yang lebih tua tak ada ketidaksamaan pada lelaki serta wanita. Umum berlangsung ODD keluar pada kisaran umur 8 th..

Pada intinya, anak-anak memanglah tidak senantiasa dapat mengontrol emosinya. Mereka dapat berperilaku ‘meradang’ atau menentang dari sekian waktu terlebih di bebrapa waktu seperti tengah capek, lapar, jengkel, jemu, atau stres. Mereka mungkin saja juga akan menentang, berdebat, seringkali tunjukkan sikap jengkel, serta tidak patuh pada orangtua, guru, maupun pengasuhnya. Tingkah laku ini sesungguhnya normal pada perubahan anak umur dua hingga tiga th. serta pada remaja awal.

Namun, keadaan menentang jenis ini baru dapat disebutkan jadi masalah ODD apabila tingkah laku menentang mereka begitu menonjol, membutuhkan perhatian serius, serta merubah kehidupan sosial, keluarga, serta kesibukan akademik. Umumnya masalah ini juga akan berjalan sepanjang enam bln. atau lebih.

penyebab

Penyebabnya Oppositional Defiant Disorder (ODD) masih tetap belum juga di ketahui dengan tentu. Umumnya orangtua memberikan laporan kalau anak ODD umumnya lebih kaku serta seringkali menuntut dibanding saudaranya saat kecil.

Paduan aspek biologis, psikologis, serta lingkungan mungkin saja ikut bertindak jadi penyebabnya ODD, salah satunya :

Aspek biologis

Kelainan serta cedera di bagian spesifik otak bisa menyebabkan problem tingkah laku yang serius pada anak di masa datang. ODD juga terkait dengan kelainan peranan otak di bagian neurotransmiter yang menolong beberapa sel otak sama-sama berkomunikasi. Saat sel otak tidak bisa berkomunikasi dengan baik, jadi tanda ODD serta penyakit mental beda juga dapat keluar.

Pasien ODD juga seringkali mempunyai masalah tingkah laku atau masalah mental beda seperti attention-deficit hyperactivity disorder (ADHD), masalah belajar, perubahan mood dengan mencolok seperti depresi atau bipolar, serta problem kekhawatiran.

Aspek genetik

Banyak juga didapati anak ODD yang mempunyai anggota keluarga dekat yang alami masalah tingkah laku atau problem psikologis cukup berat seperti masalah mood, kekhawatiran terlalu berlebih, serta masalah kepribadian.

Aspek lingkungan

Disfungsi kehidupan keluarga, kisah masalah mental dalam keluarga, serta/atau penyalahgunaan obat-obatan, dan alur aplikasi disiplin yg tidak berkelanjutan oleh orangtua bisa berperan jadi penyebab serta mengembangnya masalah tingkah laku pada orang anak.

Diagnosis

Dokter spesialis jiwa juga akan memastikan diagnosis Oppositional Defiant Disorder (ODD) dari pembicaraan mendalam dengan orangtua ataupun si anak dengan segera serta dari penilaian beberapa gejala yang keluar. Umumnya dibutuhkan juga kontrol untuk mencari masalah kesehatan beda yang mungkin saja punya pengaruh pada keadaan anak. Dengan hal tersebut penyembuhan dapat dikerjakan secara detail.

Sebagian anak dengan ODD yang berat dapat selalu meningkatkan kelainan tingkah laku ini sampai dewasa. Kadang waktu dibutuhkan juga tes pencitraan otak atau tes darah untuk mencari beragam peluang penyebabnya dari problem tingkah laku itu.

Tanda

Mereka yang disangka alami Oppositional Defiant Disorder (ODD) mempunyai sebagian sinyal tanda tingkah laku, seperti :

Seringkali geram

Berdebat terlalu berlebih dengan orang dewasa

Seringkali mempertanyakan ketentuan

Menampik untuk mematuhi keinginan serta ketentuan orang dewasa

Berupaya untuk mengganggu serta buat orang yang lain kesal

Menyalahkan orang yang lain atas kekeliruan atau kenakalannya

Seringkali menyentuh orang yang lain serta gampang terasa kesal

Seringkali geram serta benci

Bicara dengan kebencian saat kesal

Berlaku dendam serta usaha balas dendam

Dijumpai juga kalau cukup banyak anak ODD yang menaruh problem moody, gampang frustrasi, serta mempunyai keyakinan diri yang rendah. Beberapa bahkan mempunyai keterikatan dengan problem ketergantungan alkohol serta obat-obatan. Namun, tanda ODD ini seringkali berlangsung di lingkungan tempat tinggal atau sekolah.

Penyembuhan

Penyembuhan Oppositional Defiant Disorder (ODD) melibatkan sebagian bentuk therapy serta umumnya juga butuh di dukung dengan obat-obatan. Therapy mencakup :

program kursus manajemen orangtua untuk menolong orangtua mengelola perilaku anak.

psikoterapi perorangan untuk meningkatkan manajemen kemarahan yang lebih efisien.

psikoterapi keluarga untuk tingkatkan komunikasi serta sama-sama pengertian pada semua anggota keluarga yang ikut serta segera dengan si anak ODD.

kursus serta therapy ketrampilan memecahkan problem kognitif untuk menolong memecahkan problem serta kurangi tingkah laku negatif.

kursus ketrampilan sosial untuk tingkatkan fleksibilitas serta ketrampilan sosial, dan melatih toleransi frustrasi dengan rekan sebaya.

Tak ada obat-obatan spesial yang bisa mengobati ODD dengan segera. Obat umumnya dipakai untuk memperingan tanda masalah kesehatan beda yang mungkin saja keluar seperti depresi atau ADHD.

Mencegah

Dengan medis cukup susah untuk menghindar timbulnya Oppositional Defiant Disorder (ODD). Hal yang dibutuhkan apabila berlangsung problem ODD adalah diagnosis sedini mungkin saja. Dibutuhkan juga tehnik therapy yang menyeluruh yang bisa meminimalisir keadaan atau tingkah laku negatif anak dalam membuat hubungan dalam keluarga serta lingkungannya.

Therapy yang baik dapat juga menghindar problem beda yang mungkin saja mengikuti serta terkait dengan masalah tingkah laku itu. Menyiapkan lingkungan tempat tinggal yang mensupport, disiplin positif, serta penuh cinta bisa dikerjakan untuk menghindar memburuknya tingkah laku memberontak pada anak ODD.