Panduan Untuk Menyimpan & Menikmati Anggur

Tidak peduli apa yang Anda minum adalah; putih, merah, pink atau berkilau, menyimpan anggur Anda dengan benar sangat penting. Cukup meletakkan botol favorit Anda di atas lemari es dan melupakannya selama setahun dapat mengubah selera secara drastis, kemudian, ketika Anda datang menikmatinya pada kesempatan istimewa itu, mungkin tidak semudah yang Anda harapkan.

Meskipun anggur menjadi komoditas yang mudah rusak, merawat dan menyimpan anggur Anda benar-benar dapat memperbaiki ‘aroma, rasa, tekstur dan kompleksitasnya dari waktu ke waktu.

Baca juga : Temukan tips memasak lobster tales yang enak dan lezat

Langkah 1: Berapa lama Anda menyimpan anggur Anda?
Keputusan pertama untuk membuat adalah berapa lama Anda berencana untuk menyimpan anggur Anda. Umumnya penyimpanan jangka pendek berarti 3 sampai 6 bulan dan seharusnya menjadi anggur murah dan kurang dihargai, dimana jangka panjang bisa berarti puluhan tahun dan harus disediakan untuk kualitas Anda, anggur berharga.

Langkah 2: Kondisi penyimpanan yang benar
Entah itu penyimpanan jangka pendek atau panjang, peraturan yang sama berlaku, pertama dan paling penting, botol harus diletakkan secara horizontal dan bukan tegak lurus, ini memastikan gabus tetap lembab, untuk menghentikannya mengering.

Penting untuk menjaga agar anggur tetap bebas dari getaran sehingga tidak dapat bergerak, oleh karena itu di atas peralatan listrik atau tempat yang terkena kekuatan eksternal (yaitu dari kereta bawah tanah) harus dihindari.

Anggur bisa sangat dipengaruhi oleh suhu sekitarnya; Suhu ideal kira-kira 55 derajat Fahrenheit (12 ° C). Botol harus dijauhkan dari draft dan setiap perubahan suhu harus sangat bertahap.

Selain itu cahaya dapat berdampak negatif pada anggur, oleh karena itu beberapa botol anggur terbuat dari kaca berwarna. Anggur harus dijauhkan dari sinar matahari langsung, karena terlalu banyak cahaya dapat bereaksi dengan protein dalam anggur, membentuk kabut dan aroma yang buruk untuk mencemari ‘rasanya.

Untuk penyimpanan jangka panjang, kondisi atmosfir yang benar diperlukan. Kelembaban harus sangat tinggi, sekitar 70% atau lebih, untuk menghentikan gabus pengeringan dan untuk mengurangi kemungkinan penguapan anggur. Juga saat menyimpan jangka panjang, perhatikan lingkungan anggur, pastikan tidak ada makanan atau cairan lain yang bisa diserap ke dalam anggur itu sendiri. Zat dengan aroma kuat misalnya bahan bakar atau cuka harus disimpan di tempat lain!

Langkah 3: Nikmati …
Ketika saatnya tiba untuk mengeluarkan gabus dan menikmati semua kerja keras Anda, minumlah dengan bertanggung jawab tapi cobalah menyelesaikan botol dalam beberapa hari setelah dibuka, karena begitu anggur itu terpapar udara, ia mulai mencampur dengan oksigen. Ini dikenal sebagai oksidasi, yang juga mengubah esensi anggur.

Penyimpanan anggur yang benar sangat penting bagi pecinta anggur, penggila, atau bahkan penggemar yang serius sekalipun. Penyimpanan yang paling efektif adalah di gudang anggur, karena banyak botol bisa dijaga agar tidak terlihat namun dalam kondisi sempurna.

Tepuk tangan!