Penyakit Teranyar Ikan Koi

Penyakit Teranyar Ikan Koi

Penyakit Teranyar Ikan Koi

Halo semua pecinta ikan dimanapun anda berada senang sekali bisa bertemu dengan anda semua. Nah pada artikel kali ini saya kaan sedikit membahas tentang Penyakit ikan koi , kita sebagai pecinta ikan tentu saja perlu mengenali gejala ikan koi yang terkena penyakit. pada umumnya ikan koi yang terkena penyakit memiliki karakter yang berubah dari biasanya. Seperti Lendir ikan koi menjadi lebih banyak dari biasanya, Ada bagian tubuh yang memiliki bercak luka, gejala busuk, benjolan, yang tampak dari luar, Ikan koi cenderung menyendiri, Lebih pasif dengan gejala lebih sedikit menggerakkan sirip, Sirip dirapatkan ke sisi badan.Nah, jika sobat pecinta ikan melihat gejala seperti itu, amda bisa menangkapnya untuk melihatnya secara lebih detail, coba anda periksa bagian insangnya, lalu perhatikan apakan ada yang luka, membusuk, atau benjolan kecil pada ikan koi.

Untuk Penanganan pertama pada koi yang terindikasi terkena penyakit,  Sesegera mungkin pindahkan ikan koi yang terkena penyakit.terserah anda mau Pindahkan di aquarium/ember/kolam secara terpisah, dengan maksud \ untuk mencegah kemungkinan penularan pada ikan lain yang masih sehat. Usahakan menjaga temperatur air ikan koi yang terserang penyakit tadi tetap stabil. Hal utama yang lain yaitu dengan memberikan oksigen yang cukup menggunakan pompa udara ha. Hindari memberi makan terlalu banyak, karena biasanya ikan mengalami penurunan nafsu makan. Dan pakan yang terlalu banyak dapat mengotori air. Berikutnya Berikan obat yang tepat pada ikan yang terserang penyakit tersebut.

Kesalahan umum pemberian makanan pada ikan koi Pada umumnya kesalahan pemberian pakan adalah berkisar pada Jumlahnya terlalu banyak saat memberi makan, Penggantian pakan secara tiba-tiba, Pemberian terlalu banyak suplemen, Bukannya ikan koi tambah sehat, kesalahan dalam pemberian makan ikan koi juga dapat berakibat buruk pada koi. Akibat terburuk adalah kematian pada koi.

Penyakit ikan koi Secara umum, penyebab penyakit ikan koi adalah parasit dan non parasit. Penyakit yang disebabkan oleh parasit adalah white spot (bintik putih), kutu ikan (udang renik), cacing jangkar (lernaea), dan jamur (kapas putih). Kebanyakan parasit penyebab penyakit tersebut adalah dari luar tubuhnya. Sehingga memang sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan air kolam. Penyakit pada ikan koi yang disebabkan oleh non parasit adalah misalnya penyakit balon gas dan gelembung renang.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang sering menyerang ikan koi:

-Penyakit white spot pada ikan koi

-Penyakit koi kapas putih

-Penyakit koi Lernaea

-Luka gores

-Penyakit lumpur pada ikan koi

-Jamur batang insang

-Penyakit lumpuh pada ikan koi

-Penyakit punggung kurus

-Cacar ikan koi

-Jamuran pada mulut ikan koi

-Ikan koi terkena dropsi

-Penyakit cacing kulit pada koi

-Penyakit busuk sirip dan ekor ikan koi

-Koi Herpes Virus (KHV)

-Penyakit LEECHES (Lintah) pada ikan koi

-Penyakit kutu jangkar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *