Ragam Makanan Alternatif untuk Penderita Diabetes, Salah Satunya Obat Diabetes Herbal

Diabet melitus adalah suatu penyakit yang diakibatkan antara lain oleh gaya hidup yang salah. Terlampau banyak makan karbohidrat sederhana seperti gula pasir, madu, sirup, cake, dan selai bisa dengan mudah membuat kandungan glukosa semakin naik. Nasi putih sebagai karbohidrat yang setiap hari disantap terbukti masuk ke dalam golongan karbohidrat sederhana. Lantas makanan apa yang sehat dan aman untuk pengidap diabet melitus?

Pengidap diabet mesti memelihara pola makan. Hendaknya kurangi makanan yang memiliki kandungan gula tinggi untuk pengidap diabet. Kestabilan gula darah pengidap diabet mesti tetap dipelihara. Makanan yang berserat tinggi amat dianjurkan dan mesti disiplin dalam memelihara gaya hidup setiap hari, baik dari pola makan sampai aktivitas yang dilakukan setiap hari.

Saat makan, orang mesti mencukupi beberapa faktor ialah karbohidrat, protein, lemak, dan mineral mesti tercukupi. Perbandingan idealnya ialah karbohidrat 55 %, protein 25 %, lemak 15% dan mineral 5 %. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber tenaga dalam tubuh, tidak hanya itu, karbohidrat bisa memberi kerasa kenyang dan pembuatan cadangan sumber tenaga. Di indonesia, sumber karbohidrat ialah nasi putih. Dari kanak-kanak hingga orangtua setiap hari mengkonsumsi nasi putih 3x dalam sehari.

Tidak ada larangan untuk pengidap diabet saat makan makanan yang tergolong di dalam golongan karbohidrat sederhana. Namun, untuk pengidap diabet pasti mesti pintar-pintar menghitung jumlah kandungan gula yang masuk ke dalam tubuh. Saat mau berhasil makan nasi putih, mesti dikurangi porsinya. Karbohidrat tak hanya selamanya tercantum pada nasi putih. Banyak alternatif makanan pengganti karbohidrat di antara lain singkong, kentang, talas, ubi, sukun dan lain-lain.

Beras merah dapat dijadikan alternatif untuk orang yang memang masih mau berhasil makan beras ataupun nasi sebagai karbohidrat. Hasil riset menunjukkan beras merah mengandung lebih banyak serat alami dan bermacam berbagai vit, seperti vit a dan b daripada beras putih. Tidak hanya itu beras merah juga kaya akan zat besi dan asam lemak sehat ialah alfa linoleat yang diperlukan untuk mendukung kegiatan sel tubuh. Beras merah adalah karbohidrat lingkungan yang antihiperglikemik ataupun tidak menyebabkan gula darah naik sampai-sampai bisa mengontrol kandungan gula darah.

Selain beras merah, Anda juga bisa mengkonsumsi obat diabetes melitus herbal untuk lebih praktisnya. Karena kandungan zat di dalamnya sudah ditakar sedemikian rupa untuk kebutuhan penderita diabetes melitus atau penyakit gula.