Rayap dan Anggota-anggotanya

Hasil gambar untuk mengenal rayap

Rayap merupakan jenis serangga yang hidup secara berkoloni bersama punyai tatanan kasta yang teratur dalam koloninya. Dalam koloni rayap, terdapat tiga kasta yang masing-masing membawa tugas berbeda-beda. Koloni selanjutnya ditentukan berdasarkan bentuk fisik dari rayap tersebut. Koloni rayap lantai ini terbagi dalam tiga kasta juga. Rayap jantan kerap dijadikan sebagai raja, dan rayap betina dijadikan sebagai ratu. Raja dan ratu ini membawa kegunaan utama yakni untuk bereproduksi atau mendapatkan keturunan. Jenis rayap lantai ini kerap dijumpai di dalam rumah, terutama tempat tinggal yang gelap dan lembab, yang kurang mendapat cahaya matahari langsung.

Sebenarnya, rayap juga membawa peran penting juga dalam mengurai kotoran atau bakteri dalam rantai makanan. Sehingga rayap juga dalam dekomposer atau pengurai yang berfungsi bagi lingkungan terutama dalam menyuburkan tanah. Salah satunya rayap lantai. Dalam sistem jadi rayap ini diawali bersama bentuknya sebagai laron, hingga sayap laron selanjutnya lepas dan jadi mencari lingkungan area tinggal yang tepat dan juga berubah koloni jadi koloni rayap.

Inilah tanda-tanda keberadaan rayap lantai dalam tempat tinggal anda.

Adanya jalan rayap

Alur atau jalan rayap kebanyakan berwujud layaknya tumpukan tanah yang memanjang. Alur rayap ini berasal dari sumber makanan yang tersedia hingga area tinggal rayap tersebut. Biasanya urutan rayap ini berada di pojok dinding atau bahwa dinding, bawah kusen dan area lainya yang terbuat dari kayu dan juga yang bersuhu lembab.

Gambar terkait

Anggota-anggota Rayap:

1. Ratu
Ratu rayap mampu hidup hingga bersama 20 tahun, apalagi lebih. Dan sepanjang hidupnya ratu hanya bertelur dan tetap berada di inti sarang dan tidak muncul hingga akhir hayatnya. Hanya tersedia satu ratu di tiap tiap koloni rayap. Ukuran ratu Macrotermes sp dewasa mampu sebesar jempol pria dewasa apalagi lebih.

Meskipun belum mampu dibuktikan secara ilmiah, ratu rayap dipercaya mampu pilih era depan nimfa entah itu bakal jadi pekerja, laron atau prajurit bersama manfaatkan frekuensi nada khusus yang di kirimkan kepada nimfa.

2. Raja
Berbeda bersama raja semut yang langsung mati setelah tak lama menghasilkan keturunan bersama ratu semut, raja rayap menemani sang ratu rayap seumur hidupnya. Ukuran raja rayap pada kebanyakan hanya 1/10 dari ukuran ratu rayap.

Ukuran raja rayap hanya bertambah sedikit setelah menemani sang ratu. Dalam satu koloni hanya tersedia satu ratu dan raja.

3. Nimfa
Nimfa merupakan bayi rayap yang bakal jadi pekerja, laron atau prajurit cocok bersama keperluan koloni rayap. Sang ratu sendiri yang bakal pilih keperluan koloni.

4. Rayap Pekerja
Rayap pekerja mampu berjumlah hingga 85% dari sebuah koloni. Kelangsungan hidup sebuah koloni rayap terkait dari rayap pekerja gara-gara hanya merekalah yang mampu mengonsumsi kayu dan membagikannya kepada seluruh anggota koloni rayap yang lain. Dengan kata lain merekalah yang menyuapi makanan kepada seluruh anggota koloni yang lain (ratu, raja, prajurit, nimfa dan telur).

Mereka adalah pencari sumber makanan yang gigih, dan dipercaya jangkauan mereka mampu menggapai sejauh 50 meter apalagi lebih dari sarang. Mereka juga berfungsi membersihkan wajah (grooming) seluruh anggota koloni.

Dan yang perlu diingat adalah, hanya mereka yang menyebabkan kerusakan bangunan kita.

Sebagai tulang punggung koloni rayap, maka keberhasilan sebuah teknologi penanganan rayap sangat terkait kepada pengendalian/pemusnahan rayap pekerja ini. Apabila perihal ini gagal ditunaikan oleh sebuah teknologi pemusnahan rayap maka mampu dikatakan teknologi selanjutnya gagal dalam mengatasi serangan koloni rayap.

5. Rayap Prajurit
Rayap prajurit berjumlah hingga bersama 15% dari seluruh anggota koloni. Mereka
mempunyai bentuk rahang khusus untuk bertempur dan melindungi diri mereka. Rayap prajurit punyai kepala yang sangat keras dan tidak bakal hancur seumpama ia mati. Rayap prajurit melindungi dan menemani rayap pekerja di kira-kira sumber makanan untuk berjaga dari serangan predator (semut) maupun koloni rayap lain.

Rayap prajurit bakal membunyikan alarm kepada koloni seumpama timbul ancaman atau bahaya bagi koloni, entah itu adanya bau kimia, gangguan hewan / manusia maupun serangan dari predator dan koloni rayap lain bersama langkah membenturkan kepalanya di terowongan tanah mereka dan alarm ini bakal memicu rayap pekerja dan prajurit untuk berpencar dan bersembunyi di area yang mereka anggap safe (misal retakan tembok) dan bakal bekerja lagi setelah bau kimia / situasi dianggap aman.

Berpencarnya anggota koloni bakal memicu terbentuknya satelit koloni (koloni yang terputus dari sarang), tapi tetap punyai potensi menyebabkan kerusakan bangunan.

6. Laron
Sama halnya layaknya semut, koloi rayap juga punyai laron tapi berlainan bentuk.

Laron diterbangkan oleh koloni rayap 2 kali dalam setahun dalam situasi hawa yang agak hangat dan angin yang tidak sangat kencang. Hal ditunaikan untuk menambah harapan hidup laron pada gangguan alam.

Laron bakal mencari pasangannya dibawah cahaya lampu. Setelah mereka menemukan pasangannya, maka mereka bakal memutuskan sayap mereka dan bakal berjalan beriringan mencari celah di tanah atau di bangunan

Adanya sayap laron yang lepas

Sebelum jadi rayap, terdapat serangga laron yang mampu terbang. Dalam sistem jadi rayap, sayap bakal lepas dan berjatuhan. Sehingga jika terdapat sayap laron yang berjatuhan maka bakal tersedia serangan rayap yang bisa saja menyerang tempat tinggal anda.

Benda yang terbuat dari kayu keropos

Jika kayu di serang rayap, maka seluruh elemen kayu di dalam kayu selanjutnya bakal dimakan oleh rayap. Karena kayu mengandung selulosa yang jadi sumber makanan untuk rayap. Sehingga kayu yang di serang rayap jenis ini bakal berongga dan keropos.

Adakah cara lain yang mampu dikerjakan supaya rayap dalam rumah terlampau tuntas? Tentu jawabannya terlampau gampang yaitu bersama dengan rekomendasi jasa anti rayap. Selain telah berpengalaman, alat yang digunakan juga tergolong lengkap. Nah di sini petro.co.id mempunyai peranan,  Maka rayap dirumah anda dijamin tuntas.

Jasa Anti Rayap di Jakarta