Sukses Cangkok Pohon Mangga

Sukses Cangkok Pohon Mangga

Dimusim kemarau ini tak sengaja saya melihat cangkokan buah rambutan yang saya bikin pas musim penghujan kemarin, eh ternyata sukses berakar loh. Kemudian saya coba melihat cangkokan saya yang lain yaitu pohon mangga dan ternyata batangnya kering dan mati karena batangnya banyak dilubangi semut hitam, cuma dipegang aja patah tuh batangnya. lalu saya mecoba membongkarnya dan teryata sukses berakar juga….. Hehe Mantap bro… Berawal dari sukanya saya makan buah mangga dan rambutan yang tumbuh di depan rumah saya nih bro… saya pun mempunyai ide,, bagaimana kalau pohon mangga dan rambutan tersebut diperbanyak dengan cara dicangkok Jual Bibit Mangga. Emang mengerti caranya? Eit jangan salah bro…

dulu saya sudah pernah lho mencoba cangkok pohon jambu air dan ternyata sukses dan sekarang udah saya tanam tuh di depan rumah dan sekarang sudah berbuah banyak gitu… Jadi saya akan mencoba cangkok pohon-pohon lainnya, siapa tau bisa. Kan keren tuh seandainya pohonnya banyak dan berbuah semua bisa panen raya dan makan ampe puas kan.. Hahaha… Keuntungan menanam pohon dengan cara dicangkok adalah pohon cepat berbuah berbeda dengan menanam dari bijinya bisa lama banget tuh berbuahnya, hahaha keburu yang nanam mati tuh baru berbuah..

Kemudian saya cari informasinya apakah pohon-pohon tersebut bisa dicangkok apa tidak.. Ternyata jawabannya simpang siur ada yang bilang bisa, ga bisa dan ada yang bilang bisa tapi susah.. Lalu saya coba muter-muter di mbah google dan ternyata pada dasarnya pohon yang berkayu bisa dicangkok. Lalu baca-baca lagi dan akhirnya mendapat 1 informasi penting sebagai tambahanya, yaitu pohon yang bergetah banyak perlu perlakuan khusus dan akan saya jelaskan melalui langkah-langkah mencangkok di bawah ini. Berikut langkah-langkahnya: 1.

Siapkan alat-alat yang diperlukan, yaitu pisau, tali rafia, plastik transparan (supaya kalau keluar akarnya keliatan), dan yang terakhir tanah (lebih bagus jika dicampur pupuk kompos).2. Cari batang yang lurus minimal diameternya segede jari orang dewasa. Kemudian buang kulitnya sepanjang sekitar 8 cm, dan jangan lupa mebersihkan kambium nya dengan cara dikerok sampai kesat atau rasa licinnya hilang. Khusus pohon yang bergetah setelah proses ini (pengulitan) diamkan selama sekitar 1 bulan supaya lukannya kering dan getah sudah tidak keluar. Karena getah dapat mengganggu proses Cangkok sehingga menjadi gagal. Untuk pohon yang tidak bergetah cukup tunggu sekitar 1 jam baru bisa masuk ke langkah 3…3. Telpelkan tanah sebagai media tumbuhnya akar, sebaiknya tanah dibasahi Supaya dapat menempel dibatang. Kemudian bungkus dengan plastik, lalu ikatlah yang kuat.

Setelah itu tusuk tusuk plastik dengan paku kecil yang bertujuan supaya air hujan atau air yang kita siramkan dapat meresap kedalam dan kelebihan air dapat keluar dan udara dapat masuk sehingga tidak terlalu basah. 4. Jaga agar Cangkokan kita tetap basah. Jika kita mencangkok dimusim kemarau siram lah cangkokan sehari sekali. Berbeda dimusim penghujan tak perlu kita repot-repot menyiram… Dan langkah berikutnya tinggal tunggu sampair akar-akarnya keluar 🙂 Selamat mencoba, tanpa coba-coba kita tak akan tau bisa atau tidaknya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *