Syarat Pembuatan Peseroan Terbatas (PT) secara umum

Syarat Pembuatan Peseroan Terbatas (PT) secara umum
Syarat Pembuatan Peseroan Terbatas (PT) secara umum

Menurut Undang-Undang no. 40 tahun 2007, untuk syarat pembuatan PT terdiri dari 2 macam yaitu syarat umum dan syarat formal. Adapun syarat-syarat umum tersebut antara lain ialah sebagai berikut:

  1. FotocopyKartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik saham dan pengurus dengan masing-masing minimal sebanyak 2 orang
  2. Foto copyKartu Keluarga (KK) direktur atau penanggung jawab perusahaan
  3. Foto berwarna milik penanggung jawab perusahaan ukuran 3×4 cm sebanyak 2 lembar
  4. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) penanggung jawab perusahaan Foto copysurat-surat kepemilikan perusahaan (surat tanah dan sebagainya) atau surat perjanjian sewa perusahaan
  5. Foto copyPajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun terakhir sesuai dengan domisili perusahaan.
  6. Surat keterangan dari RT/RW untuk perusahaan yang berdomisili di area perumahan atau perkampungan
  7. Surat keterangan domisili dari pengelola gedung jika perusahaan berdomisili di sebuah gedung perkantoran
  8. Foto kantor perusahaan tampak depan dan dalam ruangan yang berisi meja, kursi, unit komputer beserta 1-2 orang karyawan
  9. Stempel perusahaan. Jika belum memiliki yang resmi, harus sudah memiliki stempel sementara guna mengurus perijinan
  10. Kantor perusahaan berada di area perkantoran, plaza, atau ruko dan tidak berada di area pemukiman penduduk. Dan siap dilakukan survei.

Sedangkan syarat pembuatan pt secara formal adalah sebagai berikut :

  1. Pendiri perusahaan minimal 2 orang atau lebih (sesuai pasal 7 ayat 1)
  2. Masing-masing pendiri perusahaan harus mengambil bagian atas modal saham, kecuali dalam rangka peleburan (sesuai pasal 7 ayat 2 dan 3)
  3. Akta notaris berbahasa Indonesia
  4. Akta pendirian perusahaan harus disahkan Menteri Kehakiman, yang kemudian diumumkan dalam Berita Acar Negara Republik Indonesia (sesuai pasal 7 ayat 4)
  5. Perusahaan memiliki minimal 1 orang direktur dan 1 orang komisaris sebagai penanggung jawab perusahaan (sesuai pasal 92 ayat 3 dan pasal 108 ayat 3)
  6. Pemilik saham harus Warga Negara Indonesia (WNI) atau badan usaha yang didirikan menurut hukum dan perundangan Indonesia, kecuali perusahaan swasta asing
  7. Modal dasar perusahaan minimal Rp 50.000.000 dengan modal disetor minimal 25% dari modal dasar tersebut (sesuai pasal 32 dan 33).

Yang dimaksud dengan modal dasar adalah modal yang jumlahnya dicantumkan dalam akta pendirian perusahaan. Modal disetor adalah modal berwujud aset non kas yang dimasukkan dalam perusahaan yang kemudian digunakan untuk operasional perusahaan. Nah udah tau kan ya, syarat pembuatan pt yang mudah dipahami,  Semoga bermanfaat ya guys, selamat mencoba.