Syarat Pembuatan PT Yang Sesuai Dengan Ketetapan Undang Undang

Syarat Pembuatan PT Yang Sesuai Dengan Ketetapan Undang Undang
Syarat Pembuatan PT Yang Sesuai Dengan Ketetapan Undang Undang

Untuk membuat sebuah usaha memang diperlukan banyak faktor pendukung. Bukan hanya modak yang besar yang harus difikirkan, namun juga banyak hal lain yang harus dipersiapkan terlebih jika usaha yang didirikan berjenis Perseron Terbatas atau biasa kita kenal dengan PT.

Yang harus kita fikirkan diantaranya adalah Syarat Pembuatan PT. Dengan perusahaan yang berbadan hukum jelas, tentu pendiriannya juga tidak mudah. Tidak semudah kita membuka usaha toko kelontong. Penasaran apa saja syaratnya? Yuk simak..

Untuk mendirikan sebuah usaha yang berbadan hukum Syarat Pembuatan PT. yang sesuai dengan ketetapan Undang-Undang adalah sebagai berikut:

  1. sebuah PT harus didirikan oleh dua orang atau lebih. Perseroan Terbatas (PT) harus didirikan dua orang atau lebih karena didirikan atas dasar perjanjian. Sebuah badan hukum yang ingin mendirikan sebuah usaha berdasarkan perjanjian dengan pihak lain.
  2. Sebuah PT harus didirikan dengan akta otentik. Perjanjian untuk membuat PT juga harus dibuat melalui akta otentik dengan bantuan notaris. Akta dibuat dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang jelas dan di dalamnya memuat mengenai anggaran dasar perseroan. Akta ini kemudian ditunjukkan kepada Menteri Hukum dan HAM RI untuk kemudian disahkan menjadi badan hukum. Jika pengajuan ditolak oleh Menteri Hukum dan HAM, maka PT tersebut berdiri tanpa berbadan hukum tetap.
  3. Sebuah PT harus memiliki modal dasar perseroan. Memang untuk membuat PT memerlukan modal yang tidak sedikit. Dalam perundang-undangan sendiri disebutkan jika modal dasar dalam sebuah perseroan adalah jumlah keseluruhan nilai nominal saham yang terdapat dalam perseroan. Modal yang dimiliki oleh sebuah perusahaan ditentukan dalam anggaran dasar perseroan.

Gimana? Bingung atau pusing bayangin Syarat Pembuatan PTĀ yang super duper banyaknya. Nggak usah dibayangin, tapi dilakukan. Jangan putus asa ya. Namanya juga usaha yang berbadan hukum. Jadi ya wajarlah kaau persyaratannya cukup memakan tenaga dan banyak waktu. Nanti kalau sudah selesai, kalian bakal daptetin hailnya kok. Semanagat ya.. ingat, jangan putus asa. Lakukan yang terbaik. Selamat memenuhi syaratnya J