Teman Jual Bibit dan Pohon Ketapang Kencana

Teman Jual Bibit dan Pohon Ketapang Kencana

Teman Jual Bibit dan Pohon Ketapang Kencana

Melambungnya harga kebutuhan pokok setelah Idul Fitri terlewatkan tak lantas membuat para jual bibit dan pohon ketapang kencana ataupun pengusaha pohon hutan tersenyum lega. Hal ini karena harga bibit dan pohon ketapang kencana justru semakin melambung. Apalagi para pembibit pohon juga enggan untuk menjual bibit pohonnya menjelang hari raya Idul Adha. Para pembibit pohon lebih memilih menjual bibit pohonnya mendekati hari raya Idul Adha karena harganya terpaut jauh dibanding hari-hari normal. Banyaknya orang yang mencari bibit pohon untuk melaksanakan penanaman membuat para pedagang jual bibit dan pohon ketapang kencana menahan diri untuk menjual ternaknya dalam kurun waktu sekitar 2 bulan.

Seperti yang dilakukan Suharto (40) warga Desa Punjul Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Pembibit pohon yang memiliki 9 hektar bibit pohon ini memilih menahan penjualan bibit pohonnya hingga mendekati hari raya penanaman nanti. Saya lebih memilih menjual bibit pohon saya mendekati hari raya Idul Adha karena banyaknya orang yang mencari bibit pohon untuk ditanam, selain itu karena harga jualnya juga terpaut sangat jauh. Untuk hari biasa,harga jual bibit pohon siap tanam per pohonnya berkisar antara Rp 8 juta hingga Rp 10 juta tergantung dari ukuran dan bobotnya. Sedangkan menjelang Idul Adha, harga bibit pohon siap tanam bisa mencapai Rp 14 juta. Hal inilah yang menjadi pertimbangan para pembibit pohon untuk menjual bibit pohonnya, apalagi hanya dalam kurun waktu sekitar 2 bulan. Hal ini selain mempengaruhi harga jual bibit dan pohon ketapang kencana juga sangat membuat resah para pengusaha pohon hutan bibit pohon.

Karena dengan sikap pembibit pohon yang seperti ini jual bibit dan pohon ketapang kencana otomatis para pengusaha pohon hutan sangat kesulitan mencari bibit pohon untuk usahanya. Padahal mereka tetap harus memenuhi kebutuhan pasokan para penjual bibit dan pohon ketapang kencana, terlebih dengan kondisi harga bibit dan pohon ketapang kencana yang kian melambung ini. Untuk diketahui,saat ini harga jual kebutuhan pokok per kilogram nya berkisar Rp 97 ribu dan diperkirakan akan terus meningkat. Para penjual bibit dan pohon ketapang kencana semakin resah dengan kondisi ini, selain itu para pengusaha yang berhubungan dengan bibit dan pohon ketapang kencana seperti jual bibit dan pohon ketapang kencana penjual bakso dan pengusaha jajanan lain pasti semakin dirugikan dengan situasi seperti ini. Sebab tanpa ada asal usul yang jelas tiba-tiba sebanyak 80 pohon dikerluarkan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *