Memastikan Value Creation yang Luar Biasa dengan ITIL 4!

ITIL 4,-“ITIL sangat penting bagi bisnis karena dapat memungkinkan transformasi dan membantu organisasi mewujudkan value.” – AXELOS

Pernyataan di atas merupakan hasil penelitian ekstensif yang dilakukan oleh AXELOS yang melibatkan berbagai kelompok pemangku kepentingan. Information Technology Infrastructure Library (ITIL) diyakini dapat mendukung organisasi untuk mendapatkan nilai optimal dari TI dan layanan digital dengan menetapkan arah penyedia layanan dengan model kapabilitas yang jelas dan menyelaraskannya dengan strategi bisnis dan kebutuhan pelanggan.

 

Versi terbaru ITIL adalah ITIL 4 yang memberikan landasan fleksibel bagi organisasi yang perlu mengintegrasikan berbagai kerangka kerja dan pendekatan ke dalam model operasi manajemen layanan mereka.

 

4 Dimensi ITIL 4

Terdapat 4 dimensi ITIL 4 yang harus dipertimbangkan untuk menciptakan produk dan layanan berkualitas tinggi yang memberikan nilai kepada pelanggan.

Pertama, organisasi dan sumber daya manusia atau organizations and people. Dimensi ini menjamin bahwa struktur dan manajemen organisasi, serta peran, tugas, dan wewenang serta sistem komunikasinya, ditetapkan dengan benar dan mendukung strategi dan model operasi perusahaan secara keseluruhan.

Berikutnya adalah informasi dan teknologi atau information and technology. Dimensi ini berlaku untuk manajemen layanan dan layanan yang dikelola. Dimensi ini, ketika diter

apkan pada Service Value System (SVS), berisi pengetahuan dan informasi yang diperlukan untuk manajemen layanan.

Setelah itu adalah mitra dan pemasok atau partners and suppliers. Dimensi ini mencakup hubungan organisasi dengan organisasi lain yang terlibat dalam desain layanan, pengembangan, penyebaran, pengiriman, dan peningkatan berkelanjutan.

Terakhir, aliran dan proses value atau value streams and processes. Dimensi ini berkaitan dengan bagaimana berbagai bagian organisasi bekerja sama secara terintegrasi dan terkoordinasi untuk memungkinkan penciptaan value melalui produk dan layanan, dan bagaimana mereka menjamin bahwa penciptaan value dapat dilakukan secara efisien dan efektif untuk semua pemangku kepentingan.

5 Elemen Utama Service Value System (SVS) dalam ITIL 4

SVS mewakili bagaimana semua komponen dan aktivitas organisasi bekerja sama untuk memfasilitasi penciptaan value, termasuk beberapa elemen untuk membantu menciptakan value sekarang dan di masa depan.

Elemen pertama adalah prinsip pemandu atau guiding principles, rekomendasi yang memandu organisasi dalam segala keadaan yang terdiri dari 7 prinsip yaitu: fokus pada value, mulai dari tempat Anda berada, maju secara iteratif dengan feedback, berkolaborasi dan mempromosikan visibilitas, berpikir dan bekerja secara holistik, tetap sederhana dan praktis, dan mengoptimalkan dan mengotomatisasi.

Berikutnya adalah tata Kelola atau governance, kerangka kerja formal yang menawarkan struktur bagi organisasi untuk memastikan bahwa ia memiliki cara untuk mengembangkan arah dan kontrol. Setelah itu adalah rantai nilai layanan atau service value chain, model operasi penciptaan, pengiriman, dan perbaikan berkelanjutan. Elemen ini terdiri dari 6 kegiatan yaitu terlibat, desain dan transisi, memperoleh/membangun, menyampaikan dan mendukung, dan meningkatkan.

Selanjutnya, praktik atau practices. Elemen ini adalah seperangkat sumber daya organisasi yang dirancang untuk melakukan pekerjaan atau mencapai tujuan, yang terdiri dari manajemen umum, manajemen layanan, dan praktik manajemen teknis. Terakhir adalah peningkatan layanan secara berkelanjutan atau continual improvement. Elemen ini berfokus pada peningkatan efisiensi, memaksimalkan efektivitas, dan mengoptimalkan biaya layanan, sumber daya, dan praktik yang mendukung manajemen layanan TI.

Kesimpulan

Empat dimensi ITIL 4 sangat penting untuk fasilitasi value yang efektif dan efisien bagi pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya. Sementara SVS memungkinkan untuk mencapai kelincahan dan ketahanan organisasi, serta untuk membantu penerapan arah yang jelas dan terpadu yang berfokus pada value, dan juga memungkinkan untuk peningatan secara berkelanjutan. Oleh karena itu, organisasi sangat dianjurkan untuk menerapkan ITIL 4 dalam bisnis mereka.

 

Ciptakan value terbaik untuk pelanggan melalui l produk dan layanan yang berkualitas tinggi dengan ITIL 4 yang tersedia di Multimatics!

 

You might be interested in …

Digital Printing, Pemecahan Cetak yang Kilat serta Berkualitas

Bisnis

Pertumbuhan teknologi membagikan kemudahan dalam bermacam zona, tercantum kebutuhan cetak. Dikala ini, teknologi cetak muncul dengan inovasi berbentuk Digital Printing yang hendak memudahkan mencetak dalam bermacam format. Tata cara pencetakan digital ini memiliki kelebihan dalam perihal cetak efektif serta instan, lewat proses yang lebih ringkas daripada Offset Printing. Tidak hanya membagikan hasil yang lebih kilat, […]

Read More

Ketahui Tentang Pusat Pengiriman eBay

Bisnis

eBay ingin membantu penjual dengan setiap aspek bisnis eBay mereka. Membangu bisnis eBay yang sukses perlu banyak hal untuk anta ketahui, termasuk Ketahui Tentang Pusat Pengiriman eBay. Nah apa itu pusat pengiriman eBay? Sebelum lanjut baca sebaiknya bila ingin beli bunga papan, segera beli di toko bunga papan majalengka. Pusat pengiriman eBay dibuat untuk membantu […]

Read More

Panduan Memilah Jasa Logistik yang Butuh Kamu Ketahui

Bisnis

Dulu, mengirim benda merupakan perihal yang lumayan merepotkan. Alasannya jasa logistik yang populer era dahulu cumalah PT. Pos. Tetapi saat ini, banyak tipe jasa logistik di Indonesia dari bermacam industri ternama. Saat ini ini pengiriman benda maupun dokumen jadi lebih gampang serta kilat dengan banyaknya jasa logistik yang memakai transportasi lengkap, mulai dari transportasi darat, […]

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published.